Categories: TechnologyTips

Beberapa Alasan Mengapa Memilih Monitor LED

Rasanya tidak asing lagi di telinga kita dan bahkan sering kita mendengar tentang Monitor LED (Light Emitting Diode). Lantas apa bedanya dengan Monitor LCD (Liquid Crystal Display)?

Bagi sebagian orang, mungkin sulit membedakan antara monitor LED dan monitor LCD. Sebab, jika dilihat sekilas, hampir tak ada beda antara keduanya.

Baik monitor LED maupun monitor LCD, keduanya menggunakan LCD sebagai layarnya. Yang membedakan adalah sumber pencahayaan yang digunakan dibelakang atau di sisi layar. Pada Monitor LCD sumber cahaya yang digunakan adalah CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) yaitu lampu neon berjenis fluorescent. Sedangkan pada monitor LED, sumber cahaya yang digunakan adalah LED (Light Emitting Diode).

Jika dalam keadaan mati, kedua monitor tersebut akan terlihat sama. Namun ketika dihidupkan kita akan merasakan perbedaan diantara keduanya. Monitor LED mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam. Meski demikian monitor LED lebih hemat energi 50% – 70% jika dibandingkan dengan monitor LCD. Karena hemat energi tersebut monitor LED dapat dibuat lebih tipis jika dibandingkan monitor LCD.

Alasan Memilih Monitor LED

Beberapa Alasan Mengapa Memilih Monitor LED

1. Hemat energi

Seperti telah disebutkan diatas, sumber cahaya atau backlight monitor LED menggunakan daya lebih sedikit jika dibandingkan backlight CCFL yang digunakan pada monitor LCD.

Meski terlihat kecil dan sepele, namun hemat energi ini bukan hanya bermanfaat untuk diri kita, namun akan bermanfaat juga bagi orang lain. Dengan menggunakan perangkat elektronik yang hemat energi, kita telah ikut berpartisipasi dalam penyelamatan bumi yang di kenal dengan Go Green. Makanya sering kita jumpai pada beberapa merek monitor LCD mencantumkan bahwa produk tersebut mendukung Go Green.

Jadi dengan menggunakan monitor LED, kita telah menggunakan produk ramah lingkungan

2. Lebih murah

Setiap dari kita jika membeli sesuatu umumnya senang jika mendapatkan harga murah. Demikian pula dengan monitor LED. Biasanya monitor LED lebih murah dibanding monitor LCD

3. Lebih awet

Related Post

Tentu saja kita akan merasa senang bila perangkat elektronik yang kita miliki berumur panjang atau awet ketika kita gunakan dalam jangka waktu yang lama. Monitor LED lebih awet dikarenakan backlight LED lebih tahan lama jika dibandingkan backlight jenis CCFL. Sehingga umur monitor LED akan lebih panjang dibandingkan Monitor LCD.

4. Gambar lebih tajam

Walau hemat energi, bukan berarti tampilan monitor LED biasa-biasa saja. Justru makin cerah, tajam dan cemerlang.

5. Ukuran lebih ramping

Karena hemat daya yang dimiliki oleh monitor LED, maka memungkinkan mendesain monitor jenis ini lebih ramping. Salah satu yang memungkinkan hal ini adalah karena sumber daya untuk monitor LED ini lebih sederhana dibandingkan dengan monitor LCD.

Dengan kelebihan ini, maka kita juga bisa lebih hemat tempat dan lebih rapi dalam menempatkan monitor di meja kerja.

Itulah beberapa alasan yang bisa kita gunakan mengapa memilih monitor LED untuk keperluan komputer di kantor maupun di rumah.

Sebelum kita memutuskan untuk membeli monitor LED, sebaiknya cek terlebih dahulu harga monitor LED terbaru di beberapa toko online, agar kita bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan antara merek yang satu dengan merek yang lainnya. Setelah itu barulah kita putuskan model dan merek mana yang akan kita beli.

Seperti halnya perangkat elektronik yang lainnya, walaupun sama-sama menggunakan teknologi LED dan sama ukurannya, namun beda merek akan berbeda pula harga, kelebihan, dan ketahanan monitor LED tersebut. Jadi pilihan tergantung sepenuhnya pada kita.

Semoga ada manfaatnya 🙂

Recent Posts

Cara Beli Tiket Pesawat Menggunakan Aplikasi Traveloka

Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat secara online. Salah satunya adalah melalui Traveloka. Nah, pada postingan kali ini saya…

1 bulan ago

Cara Tarik Tunai Saldo GoPay di ATM BCA Tanpa Kartu

Saat ini saldo GoPay dapat ditarik tunai melalui mesin ATM meskipun kita tidak memiliki rekening Bank. Pada postingan kali ini…

2 bulan ago

Cara Top Up Diamond Free Fire Dari Aplikasi DANA (Terbaru 2021)

Kita tidak bisa lagi melakukan top up Diamond FF melalui aplikasi dana seperti dulu, namun kita harus melakukannya menggunakan cara…

2 bulan ago

Cara Mudah Aktivasi Kartu By U Secara Online

By.U adalah provider internet atau layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia yang diluncurkan oleh telkomsel. Agak berbeda dari operator…

3 bulan ago

Cara Membeli Kartu MPWR Secara Online Gratis Ongkir

Akhirnya Indosat pun membuat provider digital dengan nama MPWR (dibaca empower). Tidak tanggung-tanggung promo yang dibuatnya, kartu perdana dengan kuota…

5 bulan ago

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan AirAsia Karena Covid-19

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pembatalan tiket penerbangan yang telah kita beli merupakan hal yang lumrah kita alami. Jika Anda…

8 bulan ago