Categories: BloggingTips

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Untuk Pemula

Tidak semua blogger mengerti cara membangun sebuah blog WordPress self hosting. Hal ini mungkin disebabkan karena sebagian besar blogger pemula memulai belajar ngeblog menggunakan platform blogger atau blogspot baik yang masih menggunakan sub domain blogspot, maupun yang telah menggunakan custom domain TLD. Sehubungan dengan itulah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips tentang cara membuat blog WordPress self hosted untuk pemula.

Saat pertama kali belajar ngeblog, saya masih menggunakan platform blogspot dengan custom domain TLD, atau bahasa sederhananya blogspot yang menggunakan domain seperti, .com, .net, .org, dan lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, bertambah pula pengetahuan saya tentang ilmu blogging, maka akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat sebuah blog dengan platform WordPress self hosted. Setelah saya coba, ternyata membuat blog atau website menggunakan WordPress tidak sesulit yang dibayangkan. Malah sebaliknya, ngeblog di WordPress terasa lebih mudah dan lebih menyenangkan dibandingkan dengan di blogspot.

Nah, apa saja yang perlu dilakukan untuk membuat blog WordPress self hosted? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Untuk Pemula

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Untuk Pemula

  • Membeli Domain

Langkah paling awal untuk membangun sebuah blog WordPress self hosted adalah membeli sebuah domain. Saat ini banyak sekali penyedia domain dan hosting, baik luar atau dalam negeri yang bisa dijadikan pilihan. Belilah domain pada penyedia domain yang terpercaya, agar Anda tidak menyesal nantinya.

Banyak sekali ekstensi domain yang bisa Anda pilih, seperti .com, .net, .xyz, dan lain sebagainya. Usahakan pilih ekstensi domain .com, sebab ekstensi domain ini yang paling populer dan banyak dikenal oleh orang awam sekalipun. Jika Anda tidak menemukan ekstensi domain .com, maka sebagai alternatif Anda bisa menggunakan ekstensi domain yang paling populer berikutnya, yaitu .net.

  • Menyewa Hosting

Setelah Anda memiliki domain, langkah selanjutnya adalah Anda harus menyewa hosting. Hosting inilah yang menampung semua data blog Anda, seperti, tulisan, foto, video, dan file-file lainnya. Jadi, semakin besar kapasitas penyimpanan hosting yang Anda sewa akan semakin baik, sebab seiring berjalannya waktu, file-file yang disimpan di blog Anda akan menumpuk dan tidak menutup kemungkinan tidak muat lagi.

Umumnya penyedia Hosting juga merupakan penyedia domain, jadi Anda bisa membeli domain sekaligus menyewa hosting di tempat yang sama. Jika Anda baru pada pertama kali membuat blog WordPress, sebaiknya Anda membeli domain dan menyewa hosting di satu tempat yang sama, agar lebih memudahkan Anda. Karena jika domain dan hosting ditempat yang berbeda, maka Anda harus mengatur DNS dan mengarahkannya ke hosting dimana Anda menyewa.

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah masalah harga. Setelah Anda memilih paket hosting yang sesuai dengan kemampuan Anda, barulah lihat apa saja fitur yang ditawarkan oleh penyedia layanan tersebut, seperti, disk space, bandwidth, SSL, dan lainnya. Jangan langsung memutuskan untuk menyewa hosting tersebut, alangkah baiknya Anda membandingkannya dengan penyedia hosting lainnya.

Related Post

Beberapa penyedia hosting ada yang memberikan domain gratis pada paket hosting yang ditawarkannya. Hal ini tentu saja bisa lebih menghemat pengeluaran Anda, karena Anda tidak lagi memikirkan perpanjangan domain setiap tahunnya.

Salah satu penyedia hosting murah unlimited yang menawarkan paket gratis domain adalah Niagahoster. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan untuk membangun blog baru Anda.

Setelah Anda memutuskan untuk membeli domain dan menyewa hosting pada salah satu penyedia layanan, langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress pada hosting Anda tersebut.

  • Menginstall WordPress

Untuk menginstall WordPress pada hosting Anda, caranya sangat mudah sekali, hanya dengan beberapa klik saja maka blog WordPress Anda akan siap seketika. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Install WordPress Self Hosted dari cPanel

  • Login ke cPanel Anda
  • Pada kolom pencarian tuliskan softaculous, setelah itu klik Softaculous Apps Installer
Klik Softaculous pada cPanel
  • Pada menu softaculous, pilih dan klik WordPress, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut
Klik WordPress
  • Setelah menu instalasi WordPress terbuka, klik tombol Install Now
Klik Install Now
  • Hal pertama yang harus Anda seting adalah menentukan protocol untuk blog Anda. Jika hosting yang Anda sewa memberikan fitur SSL gratis, maka silakan pilih protocol https:// atau https://www.

  • Selanjutnya, tulis nama dan deskripsi blog Anda, lalu tulis juga username beserta password untuk masuk ke blog Anda. Usahakan memilih password yang kuat dan sulit ditebak, untuk menjaga keamanan blog Anda dari tangan yang tidak berkepentingan.
Tentukan nama Blog dan deskripsi nya
  • Selanjutnya klik tombol Install yang berada di bagian paling bawah, untuk memulai proses instalasi.
  • Tunggu hingga proses instalasi WordPress selesai
Proses instalasi WordPress
  • Jika instalasi WordPress sukses, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini
Install WordPress sukses
  • Untuk memastikan bahwa instalasi blog WordPress yang kita lakukan berhasil dengan baik, silakan buka blog Anda dengan melalui web browser
Blog WordPress telah siap

Demikianlah tips cara membuat blog WordPress self hosted untuk pemula. Pada postingan berikutnya kita akan membahas cara mengganti theme dan plugin apa saja yang harus kita pasang.

Silakan baca juga:

Niat Berbagi Ternyata Dapat Rezeki

Recent Posts

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan AirAsia Karena Covid-19

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pembatalan tiket penerbangan yang telah kita beli merupakan hal yang lumrah kita alami. Jika Anda…

1 month ago

Cara Top Up Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank | Juli 2020

Tidak semua marketplace memiliki layanan uang elektronik. Mereka harus menggandeng penyedia uang elektronik pihak ketiga untuk sistem pembayaran digital mereka.…

4 months ago

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Kompensasi Covid-19

Bulan April 2020 ini, pemerintah meluncurkan skema jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam menghadapi dampak ekonomi…

7 months ago

16 Istilah Yang Berhubungan Dengan Virus Corona

Inilah 16 istilah yang berhubungan dengan Virus Corona ( Covid 1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)…

7 months ago

Cara Beli Tiket Pesawat Pakai Aplikasi Tokopedia

Setelah berhasil membeli tiket pesawat menggunakan aplikasi Tokopedia, maka saya buatlah postingan yang berjudul Cara Beli Tiket Pesawat pakai Aplikasi…

8 months ago

Cara Pesan GoCar Bayar Pakai LinkAja

Setelah berhasil menghubungkan LinkAja dengan aplikasi GoJek, kini saatnya mencoba cara pesan GoCar bayar pakai LinkAja. Sebenarnya cara pesan GoCar…

8 months ago