Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Kompensasi Covid-19

Bulan April 2020 ini, pemerintah meluncurkan skema jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam menghadapi dampak ekonomi akibat dari wabah Covid-19, yang berupa token listrik gratis selama 3 bulan. Cara mendapatkan token listrik gratis ini pun sangat mudah untuk dilakukan.

Penggratisan biaya selama tiga bulan diberikan kepada pelanggan kelompok daya 450VA. Selama bulan April, Mei, dan Juni 2020, pelanggan yang masuk kelompok ini tak perlu membayar tagihan listrik.

Sementara itu, untuk pelanggan kelompok daya 900 VA subsidi, Pemerintah juga akan memberikan diskon tarif sebesar 50 persen selama 3 bulan seperti kelompok pelanggan 450VA di atas.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Adapun ketentuan Pemberian Listrik Gratis adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan pascabayar 450 VA langsung dibebaskan tagihan pada bulan April, Mei dan Juni 2020.
  2. Pelanggan pascabayar subsidi 900 VA, rekening yang dibayarkan tiap bulan dikurangi 50%.
  3. Pelanggan prabayar 450 VA mendapatkan token gratis selama 3 bulan April, Mei dan Juni 2020.
  4. Pelanggan prabayar 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50% dari pemakaian tertinggi

Baiklah, langsung saja kita coba cara mendapatkan token listrik gratis kompensasi dari dampak virus corona covid-19 ini.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Buka laman layanan.pln.co.id
  • Masukkan ID Pelanggan / Nomor Meter PLN Anda pada kolom Identitas Pelanggan.
  • Masukkan captcha pada kolom Masukkan kata disamping, lalu klik tombol Cari.
Masukkan ID Pelanggan PLN Anda
  • Bila ID Pelanggan atau Nomor Meter PLN Anda termasuk kategori yang mendapatkan kompensasi dampak corona covid-19, maka pada browser Anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini.
  • Dari Gambar di atas, tertulis bahwa kompensasi yang didapatkan adalah sebesar 43,9 kWH yang dapat digunakan untuk satu bulan. Seperti dalam contoh ini adalah untuk bulan April 2020.
  • Untuk dua bulan selanjutnya, yaitu bulan Mei dan bulan Juni, Anda bisa claim dengan cara yang sama seperti cara di atas.

Bila ID Pelanggan / Nomor Meter PLN yang Anda masukkan tidak mendapatkan kompensasi atau diskon, maka pada layar akan tampil seperti gambar berikut ini:

Related Post
Pelanggan non subsidi

Selain melalui web resmi PLN, token listrik gratis dari pemerintah ini juga bisa Anda dapatkan melalui WhatsApp. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui WhatsApp

  • Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda, lalu chat ke nomor 08122-123-123
  • Ketik PLN 123 lalu kirim. Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan “Silakan masukkan ID Pelanggan / Nomor Meter Anda”, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
  • Masukkan ID Pelanggan / Nomor Meter PLN Anda, lalu klik kirim. Jika ID Pelanggan / Nomor Meter yang Anda masukkan mendapat subsidi atau kompensasi, maka Anda akan diberikan 20 digit token listrik prabayar, seperti gambar berikut:
Token listrik gratis via WA

Itulah tadi cara mendapatkan token listrik gratis melalui web resmi PLN dan melalui WhatsApp, yang dapat diakses melalui komputer atau smartphone Anda.

Bila ingin lebih jelas, Anda bisa melihatnya melalui video berikut ini:

Silakan baca juga:

Kode Rahasia Meteran Listrik Prabayar

Cara Beli Token Listrik Menggunakan Aplikasi OVO

Recent Posts

Cara Top Up Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank | Juli 2020

Tidak semua marketplace memiliki layanan uang elektronik. Mereka harus menggandeng penyedia uang elektronik pihak ketiga untuk sistem pembayaran digital mereka.…

2 hours ago

16 Istilah Yang Berhubungan Dengan Virus Corona

Inilah 16 istilah yang berhubungan dengan Virus Corona ( Covid 1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)…

4 months ago

Cara Beli Tiket Pesawat Pakai Aplikasi Tokopedia

Setelah berhasil membeli tiket pesawat menggunakan aplikasi Tokopedia, maka saya buatlah postingan yang berjudul Cara Beli Tiket Pesawat pakai Aplikasi…

4 months ago

Cara Pesan GoCar Bayar Pakai LinkAja

Setelah berhasil menghubungkan LinkAja dengan aplikasi GoJek, kini saatnya mencoba cara pesan GoCar bayar pakai LinkAja. Sebenarnya cara pesan GoCar…

4 months ago

Cara Menghubungkan LinkAja Dengan Aplikasi GoJek

Sebagai pengguna LinkAja saya menyambut baik ketika aplikasi GoJek menambahkan pilihan LinkAja pada metode pembayarannya. Namun untuk dapat menggunakan metode…

4 months ago

Cara Tarik Tunai Saldo LinkAja di ATM Himbara

Ternyata, saldo LinkAja tidak hanya bisa ditransfer ke rekening bank, namun bisa juga ditarik tunai melalui ATM. Dan beginilah cara…

4 months ago