Keuangan

Cara Tarik Tunai Saldo Tokopedia ke Rekening Bank

Bagi Anda yang sering belanja atau Anda yang memiliki lapak di Tokopedia, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Saldo dan cara tarik saldo Tokopedia ke rekening pribadi Anda. Tapi tidak demikian bagi pengguna baru yang ingin tahu nasib uang yang ada di saldo akun-nya. Untuk itulah postingan ini saya buat.

Dari sekian banyak tempat belanja online, Tokopedia adalah salah tempat belanja online yang paling nyaman bagi saya, terutama pada sistem pembayarannya. Apalagi saat ini Tokopedia telah menambahkan sistem pembayaran menggunakan Virtual Account, yaitu salah satu metode pembayaran yang praktis, cepat, simpel tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran.

Saya selalu memilih tempat belanja online yang menggunakan rekening bersama pada sistem pembayarannya. Dengan menggunakan rekening bersama, uang yang kita transfer untuk pembelian lebih terjamin keamanannya. Sebab, dana tersebut tidak akan di transfer ke penjual sebelum barang kita terima. Dengan demikian kita akan terhindar dari penipuan.

Jadi ketika ada masalah dengan dengan pembelian yang kita lakukan, misalnya stok barang habis, barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, atau bahkan barang tidak dikirim oleh si penjual, kita bisa meminta kembali selisih  atau seluruh dana yang telah kita transfer sebelumnya.

Cara Tarik Tunai Saldo Tokopedia ke Rekening Bank

Di Tokopedia, dana atau uang yang dikembalikan ke pembeli tidak langsung masuk ke rekening pribadi, namun uang tersebut akan masuk ke saldo kita. Dana yang ada di saldo tersebut bisa kita gunakan untuk belanja kembali atau kita tarik ke rekening pribadi kita.

Related Post

Cara Tarik Saldo Tokopedia ke Rekening Pribadi

Untuk menarik dana dari saldo Tokopedia ke rekening pribadi kita, bisa kita lakukan menggunakan laptop, iOS, maupun Android. Dalam contoh ini saya melakukan penarikan menggunakan smartphone Android. Jika Anda pengguna iOS atau desktop, Anda tinggal sedikit menyesuaikan dengan langkah-langkah yang hampir sama.

  • Login ke akun Tokopedia di smartphone Anda
  • Klik menu di pojok kiri atas
Klik menu di pojok kiri atas
  • Setelah menu terbuka, lalu klik Saldo
Klik Saldo
  • Pada bagian ini, akan terlihat jumlah saldo yang Anda miliki. Anda juga bisa mengecek saldo yang masuk pada rentang tanggal dan bulan sesuai yang Anda inginkan. Untuk melakukan penarikan saldo ke rekening pribadi Anda, silakan klik Penarikan
Klik tombol Penarikan
  • Silakan tulis nominal yang ingin Anda alihkan ke rekening bank Anda, kemudian pilih nomor rekening yang telah Anda daftarkan sebelumnya, selanjutnya masukkan password akun Tokopedia Anda. Setelah semuanya Anda masukkan dengan benar, akhiri dengan klik tombol “centang” dibagian kanan atas untuk memproses penarikan dana saldo Tokopedia Anda. Dalam contoh ini, saya melakukan penarikan seluruh dana yang saya miliki.
Masukkan nominal yang akan di tarik
  • Untuk menjaga keamanan dan menghindari penyalahgunaan, sebelum penarikan di proses, Tokopedia akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor HP Anda. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima tersebut, lalu tekan submit atau lanjutkan.
SMS kode verifikasi dari Tokopedia
  • Jika kode verifikasi yang Anda masukkan benar, maka proses penarikan saldo akan segera dilakukan. Sebagai tanda bahwa permintaan penarikan telah di proses, Anda bisa melihat jumlah saldo telah berkurang, seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Saldo telah berpindah ke rekening
  • Beberapa saat kemudian, Anda akan menerima sebuah email pemberitahuan bahwa tarik dana atau tarik saldo Tokopedia akan di proses maksimal 2×24 jam hari kerja bank.
Penarikan saldo sedang diproses
  • Ternyata kurang dari 30 menit saldo Tokopedia yang saya tarik telah masuk ke rekening pribadi saya. Padahal proses penarikan saya lakukan di hari sabtu sore sekitar pukul 17 – 18 WIB. Itu berarti semua proses lebih cepat dari estimasi yang diberikan oleh Tokopedia.
Penarikan saldo berhasil
  • Setelah mendapatkan email di atas, lalu saya cek mutasi rekening, ternyata memang benar bahwa dana saldo Tokopedia telah di transfer ke rekening saya. Bukti transfer dari Tokopedia bisa dilihat pada screenshot di bawah ini:
Bukti transfer dari Tokopedia

Dari screen shot bukti transfer di atas, jumlah uang yang di tarik sama persis dengan  jumlah uang yang masuk ke rekening. Itu artinya tidak ada potongan biaya administrasi sama sekali.

Itulah tadi tips cara tarik saldo Tokopedia ke rekening pribadi. Semoga tulisan ini ada manfaatnya bagi Anda yang belum pernah melakukan penarikan uang dari Tokopedia ke rekening sendiri.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:

Daftar Kode Bank Untuk Transfer via ATM

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 minggu ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

3 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

3 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

2 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

2 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago