Info Persebaran Kampus Gunadarma di Jabodetabek

Saat ini banyak sekali universitas swasta yang tersebar di Jakarta yang bisa kamu pilih. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tidak sembarang dalam memilih universitas swasta. Pastikan kamu memilih universitas swasta yang berkualitas, sehingga mutu pendidikan mu terjamin dengan baik.

Dalam memilih universitas swasta, salah satu hal yang terpenting yang perlu kamu pertimbangkan adalah akreditasi kampus. Hal ini karena akreditasi sangat penting untuk menjamin mutu dari suatu perguruan tinggi. Oleh sebab itu, kamu cek akreditasi kampus sebelum mendaftar, ya.

Selain akreditasi, ada hal lain yang perlu kamu menjadi pertimbanganmu yaitu lokasi kampus. Ketika kamu akan memilih universitas, kamu bisa memilih lokasi yang berada di dalam atau di luar kota. Dengan mengetahui lokasi kampus, kamu bisa merencanakan berapa biaya yang akan kamu habiskan untuk transportasi selama kuliah.

Universitas Gunadarma (photo by kumparan.com)

Nah, bagi kamu yang saat ini tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentunya tidak sulit untuk menemukan kampus swasta. Hal ini karena banyak universitas swasta yang ada di Jakarta, bahkan dengan berbagai keunggulan masing-masing. Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta adalah Universitas Gunadarma.

Mengapa Universitas Gunadarma menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta? Berikut ini alasannya!

1. PTS Terbaik

Pada tahun 2021, Universitas Gunadarma berhasil menduduki posisi keempat universitas swasta terbaik di Indonesia menurut Webometrics. Selain menjadi kampus terbaik, pada tahun 2018 Universitas Gunadarma telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Dari keduanya, menunjukkan bahwa Universitas Gunadarma memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan bahkan rata-rata jurusan di Universitas Gunadarma juga telah mendapatkan akreditasi A dan B.

2. Fakultas dan Program Studi Pilihan

Untuk kamu yang sedang bimbang harus memilih jurusan apa? Tenang saja, karena Universitas Gunadarma memilih berbagai fakultas dan jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minatmu. Berikut ini adalah daftar fakultas dan program studi di Universitas Gunadarma.

Related Post
  • Fakultas Teknologi Industri
    • Jurusan Teknik Industri
    • Jurusan Teknik Informatika
    • Jurusan Teknik Elektro
    • Jurusan Teknik Mesin
  • Fakultas Kedokteran
    • Jurusan Kedokteran
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
    • Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Sastra
    • Jurusan Sastra Inggris
  • Fakultas Psikologi
    • Jurusan Psikologi
  • Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
    • Jurusan Sistem Informasi
    • Jurusan Teknik Informatika
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
    • Jurusan Teknik Sipil
    • Jurusan Teknik Arsitektur
  • Fakultas Ekonomi
    • Jurusan Manajemen
    • Jurusan Akuntansi
    • Jurusan Ekonomi Syariah

3. Fasilitas Lengkap

Sama halnya dengan universitas lain, Universitas Gunadarma juga memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Namun, bedanya adalah Universitas Gunadarma memberi fasilitas yang sangat lengkap untuk mahasiswanya, yaitu meliputi ruang kuliah, BPM, ruang rapat, ruang tunggu dosen, ruang konsultasi akademik, koperasi, ruang kerja pimpinan dan karyawan, perpustakaan, laboratorium, ruang seminar, auditorium, Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa), mushola dan masjid, dan lapangan olahraga. Bahkan selain menyediakan fasilitas di tingkat universitas, Gunadarma juga menyediakan fasilitas untuk setiap fakultas yang disesuaikan dengan kebutuhan praktikum mata kuliah setiap jurusan. Sehingga seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma memperoleh hak yang sama.

Misalnya pada Fakultas Ekonomi disediakan fasilitas beberapa laboratorium seperti Laboratorium Manajemen dasar, Laboratorium Manajemen menengah, Laboratorium Manajemen lanjut, Laboratorium Statistika, dan Laboratorium Perbankan. Laboratorium ini dapat digunakan oleh semua mahasiswa fakultas ekonomi.

Fasilitas laboratorium juga disediakan pada Fakultas lain, seperti Fakultas Psikologi, fasilitas laboratorium ini terdiri dari Laboratorium Psikologi Dasar, Laboratorium Psikologi Menengah, dan Laboratorium Psikologi Lanjut. Selain fasilitas laboratorium, kampus Gunadarma juga menyediakan fasilitas berupa perpustakaan.

Dan untuk fakultas rumpun saintek, Universitas Gunadarma juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan pembelajaran yaitu Rumah Rumah Sakit Gunadarma Medika Hospital. Fasilitas tersebut disediakan untuk mahasiswa kedokteran, sehingga mereka dapat belajar dan praktik secara langsung. Selain itu, tentunya masih banyak fasilitas lainnya yang disediakan untuk masing-masing fakultas.

4. Lokasi Kampus Strategis

Universitas Gunadarma adalah kampus swasta menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tinggal di Jakarta. Hal ini karena kampus Gunadarma terletak di beberapa kawasan wilayah Jabodetabek. Berikut ini daftar kampus Universitas Gunadarma beserta alamat lengkapnya:

  1. Kampus A (Kampus Kenari) berada di Jl. Kenari nomor 13, Jakarta Pusat.
  2. Kampus B (Kampus Salemba Bluntas) berada di Jl. Salemba Bluntas, Jakarta Pusat
  3. Kampus C (Kampus Salemba) berada di Jl. Salemba Raya nomor 53, Jakarta Pusat
  4. Kampus D (Kampus Depok) berada di Jl. Margonda Raya Pondok Cina, Depok
  5. Kampus E (Kampus Kelapa Dua) berada di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis
  6. Kampus G (Kampus Laboratorium Kelapa Dua) berada di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis Phone
  7. Kampus H (Kampus Laboratorium Kelapa Dua) berada di Jl. Akses Kelapa Dua Kelapa Dua, Cimanggis
  8. Kampus H2 (Kampus Simatupang) berada di Jl. Tahi Bonar Simatupang Kavling. 38, Jakarta Selatan
  9. Kampus J1 berada di Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Jakasampurna, Bekasi Barat
  10. Kampus J3 (Kampus Kalimas) berada di Jl. Raya Kalimalang, Bekasi
  11. Kampus J4/K (Kampus Kemang Pratama) berada di Jl. Kemang Pratama Raya No.13, Jakarta Timur
  12. Kampus J5 (Kampus Cakung ) berada di Jl. Sentra Primer Baru Timur, Jakarta Timur
  13. Kampus L (Kampus Cengkareng) berada di Jl. Raya Kamal Outring Nomor. 75, Jakarta Barat
  14. Kampus K (Kampus Karawaci) berada di Jl. Kelapa Dua Raya No.93, Tangerang

Itulah gambaran tentang salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Gunadarma. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan untukmu.

Recent Posts

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

4 minggu ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

4 minggu ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

1 bulan ago

Pengertian BI Checking, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

BI Checking adalah salah satu istilah yang sering kita dengar ketika kita ingin mengajukan kredit atau pinjaman. Apa saja yang…

1 bulan ago

Mengenal Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Sakit maag adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, apakah kita tahu apa sebenarnya penyebab sakit…

2 bulan ago

Cara Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda harus membatalkan penerbangan Anda karena alasan tertentu? Apakah Anda tahu bahwa Anda…

3 bulan ago