Categories: Blogging

Persyaratan Web Hosting untuk WordPress

Setiap blog atau website pastilah memerlukan hosting, tidak terkecuali WordPress. Saat ini, WordPress banyak digunakan oleh banyak situs karena gratis dan dapat disesuaikan sesuai selera. Namun, masih banyak orang bingung memilih, apakah web hosting untuk WordPress atau menggunakan layanan hosting tradisional.

Meskipun penyedia web hosting biasa dapat mendukung situs WordPress, hanya sedikit dari mereka yang mampu menangani masalah yang spesifik untuk WordPress. Server dari platform hosting harus memenuhi persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak minimum, dan harus menyediakan skrip yang mudah diterapkan untuk menginstal, menjalankan dan memelihara WordPress. Jika tidak, akan ada masalah uptime atau kinerja yang dapat membuat situs tidak dapat diakses oleh pengguna.

Jika saat ini kita telah memiliki situs WordPress yang ditempatkan pada penyedia layanan hosting tertentu dan tidak yakin apakah mereka mendukung situs kita, maka kita dapat memantau situs web untuk menganalisanya.

Dengan bantuan layanan monitor website, kita bisa menentukan apakah layanan hosting itu efektif dalam mendukung kebutuhan situs kita atau tidak. Jika kita menemukan bahwa layanan ini hanya penyedia reguler yang tidak sesuai untuk situs WordPress kita, maka kita dapat memindahkan situs kita ke layanan hosting web WordPress yang lebih baik

Persyaratan Web Hosting untuk WordPress

Sebelum menentukan pilihan, ketahui terlebih dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi sebuah web hosting yang akan digunakan untuk WordPress.

1. Tingkat Uptime Baik

Ini adalah salah satu aspek terpenting yang tidak dapat dinegosiasikan dengan fitur lainnya. Tidak banyak provider yang menawarkan uptime 100%, tapi downtime yang lebih diminimalkan semakin baik untuk situs WordPress kita.

Jika kita menggunakan paket shared hosting ekonomis, tidak akan ada jaminan uptime karena sumber daya server akan dipartisi untuk digunakan oleh beberapa situs web. Karena situs ini akan menangani banyak plugin, tema, database dan hal-hal kompleks lainnya. Kinerja server harus lebih baik untuk menjaga kecepatan situs dan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Oleh karena itu adalah bijaksana untuk memilih VPS atau paket hosting khusus yang layak diandalkan, sehingga situs tersebut akan mengalami masalah downtime.

2. Dukungan Software

Carilah penyedia yang terus memperbarui server mereka dengan software terbaru untuk mendukung WordPress. Mereka perlu memiliki teknologi spesifik untuk mengukur dan mengamankan situs WordPress. Itu berarti server harus mendukung berbagai versi server PHP, MYSQL / MariaDB, Apache atau NGINX Web yang terbaru.

Penyedia hosting perlu memiliki teknologi khusus yang dioptimalkan untuk meningkatkan skala WordPress dan mengamankan situs. WordPress selalu berhubungan dengan theme dan plugin, plugin yang paling populer sekalipun akan memiliki beberapa kerentanan dan dapat mengancam keamanan situs web. Layanan hosting yang baik harus memiliki sistem untuk mengidentifikasi dan memblokir plugin yang tidak aman dan menghambat kinerja situs.

3. Host Level Caching

Sering kali, situs WordPress bergantung pada plugin caching untuk kinerja situs web. Meskipun plugin caching sangat membantu dalam meningkatkan kecepatan situs, namun solusi ini tidak efektif bila dibandingkan dengan cache oleh hosting.

Related Post

Jika masalah caching telah ditangani oleh penyedia hosting, tentu akan mengurangi pekerjaan kita. Kita jadi lebih fokus pada hal penting lainnya.

4. Fitur Spesifik WordPress

Layanan hosting web WordPress harus menawarkan fitur spesifik seperti WordPress pra-instal dan kemudahan konfigurasi serta pembaruan perangkat lunak otomatis. Selain itu tersedianya berbagai tema dan dukungan plugin serta alat untuk keamanan adalah hal yang sudah seharusnya ada.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah adanya fitur tambahan. Seperti, migrasi akun dari host lain secara gratis, backup otomatis dan lainnya. Fitur ini penting untuk memastikan kelangsungan dan kinerja situs.

5. Perlindungan DDoS

Pilihlah layanan hosting yang menawarkan tingkat keamanan dan perhatian terhadap penggunanya cukup baik. Penyedia hosting kecil mungkin tidak memberikan keamanan yang memadai terhadap serangan hacker atau DDoS. Karena mereka mungkin tidak dapat membeli peralatan jaringan yang baik. Layanan hosting WordPress harus memiliki tindakan pengamanan yang efektif untuk mencegah lalu lintas berbahaya dan melindungi situs dari serangan tersebut.

6. Periksa Dukungan SSL

Beberapa penyedia hosting WordPress menyertakan SSL dalam paket hosting mereka sementara yang lain memberikannya sebagai fitur add-on. Jika situs kita adalah web e-commerce, memiliki SSL sangat penting untuk melindungi informasi pengunjung. Data harus dienkripsi saat pertukaran informasi terjadi antara server web dan browser pengguna. Pastikan layanan yang kita pilih menawarkan dukungan yang dibutuhkan untuk sertifikasi SSL.

Salah satu penyedia hosting terbaik untuk hosting WordPress adalah Verpex, jadi jika Anda perlu mengganti penyedia, ingatlah nama ini.

Setelah mengetahui beberapa persyaratan web hosting untuk WordPress, kini Anda bisa secara profesional membangun sebuah blog WordPress baik untuk pribadi maupun bisnis.

Silakan baca juga:

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 minggu ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

3 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

3 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

2 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

2 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago