Categories: ParentingTips

Beberapa Poin Penting Yang Perlu Diperhatikan Saat Pilih Topi Bayi

Topi tidak hanya dipergunakan oleh orang dewasa namun juga untuk bayi. Sama seperti fungsi topi untuk orang dewasa yaitu tidak hanya dipergunakan untuk melindungi kepala misalnya dari panas namun juga untuk bergaya. Topi bayi berbeda dengan topi orang dewasa karena kulit bayi yang lebih halus dan lebih rentan.

Untuk memilih topi yang tepat bagi bayi, terutama topi yang dijual di toko online, Anda bisa mempertimbangkan hal berikut ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenisnya. Ada beberapa jenis topi bayi yang bisa Anda pilih untuk dikenakan pada bayi Anda, beberapa diantaranya adalah:

  • Topi kupluk yang merupakan jenis topi yang paling banyak digunakan oleh anak Anda. Topi ini biasanya terpasang pas di kepala sehingga bisa melindungi kepala secara menyeluruh.
  • Topi rajut merupakan topi yang dibuat dengan cara di rajut dan cocok untuk dipergunakan saat cuaca dingin.
  • Pet hat yang merupakan topi dengan bentuk kepala hewan dan biasa ada tali yang menutupi hingga telinga atau hingga ke bahu.
  • Flower hat memiliki bentuk yang mekar di bagian samping sehingga terlihat seperti bunga.
  • Topi pantai.
Perlu Diperhatikan Saat Pilih Topi Bayi

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam memilih topi bayi untuk bayi adalah bahannya. Masing-masing jenis topi menggunakan bahan yang berbeda. Namun, pastikan Anda memilih jenis topi yang terbuat dari bahan yang nyaman agar anak Anda betah ketika menggunakannya. Jika tidak, maka akan membuat anak Anda menggaruk-garuk kepala, dan hal itu akan membuat topi yang terpasang di kepala tidak bertahan lama.

Hal ketiga yang harus di perhatikan adalah elastisitas dari topi tersebut. Ada beberapa jenis topi yang memerlukan elastisitas yang baik agar bisa dikenakan dengan nyaman, sehingga tidak melukai kepala bayi Anda. Untuk mengetahui apakah topi tersebut elastis atau tidak, Anda bisa mencoba untuk memelarkannya sedikit dan memperkirakan atau memakaikan topi tersebut, misalnya jenis topi kupluk, di kepala anak Anda dan cek apakah topi tersebut pas, terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

Related Post

Hal keempat yang harus di perhatikan adalah ukuran dari topi. Selain harus memperhatikan elastisitas terutama jika memilih untuk menggunakan topi kupluk, Anda juga harus mempertimbangkan ukurannya. Sesuaikan ukuran topi dengan usia anak. Misalnya untuk bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan, pilih topi yang ukurannya 40 cm, sedangkan jika Anda memiliki bayi yang usianya 4-6 bulan maka Anda bisa memilih topi yang memiliki ukuran sekitar 43 cm.

Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan mengenai perlindungan yang maksimal bagi bayi Anda. Ada jenis topi yang memang dipergunakan untuk melindungi rambut. Misalnya untuk jenis topi kupluk, jenis topi ini cocok untuk bayi karena tidak menyebabkan masalah atau mengganggu pergerakan bayi, sebab tidak ada ganjalan seperti jenis topi pantai atau topi flower yang akan mengganjal saat bayi bergerak.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah, pilihlah topi yang tidak ribet dan mudah untuk dipakaikan. Kesulitan menggunakan topi pada bayi justru akan menyebabkan bayi Anda merasa tidak nyaman dan Anda pun akan merasa kesulitan untuk mengenakan atau melepaskannya.

Sebaiknya, pilih jenis topi bayi yang tidak terlalu banyak aksesoris. Bayi biasanya akan menggerakkan tangannya untuk meraih topi atau apapun yang ia kenakan. Jika terlalu banyak aksesoris misalnya pin pada topi, biasa saja tangan bayi mengenai pin tersebut atau tangan akan tersangkut.

Itulah tadi beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat pilih topi bayi, semoga postingan ini ada manfaatnya.

Recent Posts

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan AirAsia Karena Covid-19

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pembatalan tiket penerbangan yang telah kita beli merupakan hal yang lumrah kita alami. Jika Anda…

1 month ago

Cara Top Up Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank | Juli 2020

Tidak semua marketplace memiliki layanan uang elektronik. Mereka harus menggandeng penyedia uang elektronik pihak ketiga untuk sistem pembayaran digital mereka.…

4 months ago

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Kompensasi Covid-19

Bulan April 2020 ini, pemerintah meluncurkan skema jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam menghadapi dampak ekonomi…

7 months ago

16 Istilah Yang Berhubungan Dengan Virus Corona

Inilah 16 istilah yang berhubungan dengan Virus Corona ( Covid 1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)…

7 months ago

Cara Beli Tiket Pesawat Pakai Aplikasi Tokopedia

Setelah berhasil membeli tiket pesawat menggunakan aplikasi Tokopedia, maka saya buatlah postingan yang berjudul Cara Beli Tiket Pesawat pakai Aplikasi…

8 months ago

Cara Pesan GoCar Bayar Pakai LinkAja

Setelah berhasil menghubungkan LinkAja dengan aplikasi GoJek, kini saatnya mencoba cara pesan GoCar bayar pakai LinkAja. Sebenarnya cara pesan GoCar…

8 months ago