Categories: Lifestyle

Waktu Terbaik dan Terburuk Untuk Traveling ke Gunung

Gunung adalah destinasi wisata yang menarik untuk kamu yang ingin pergi traveling. Apalagi di Indonesia ada banyak gunung yang memiliki pemandangan menarik. Di gunung, kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan alam.

Kamu juga dapat merasakan hangatnya persahabatan, belajar mencintai alam, dan menemukan jati diri. Kalau tidak percaya, coba nonton film-film tentang keserua mendaki gunung seperti 5 cm atau Himalaya.

Sayangnya, gunung bukan tempat yang baik untuk dikunjungi sepanjang tahun. So sebelum memutuskan pergi ke gunung, kamu harus memahami terlebih dahulu waktu terbaik dan terburuk untuk ke sana.

Waktu Terburuk Untuk Traveling ke Gunung

Periode Januari sampai Maret adalah waktu yang sangat tidak direkomendasikan untuk berlibur ke gunung. Intensitas hujan pada periode ini sangat tinggi sekali. Bahkan, banyak pengelola gunung di Indonesia yang menutup jalur pendakian.

Pada periode ini, hujan disertai angin kencang dan petir sangat sering terjadi. Pendaki yang memaksakan diri mendaki gunung pada periode ini dihantui berbagai penyakit gunung seperti hipotermia akibat pakaian yang basah setelah terkena hujan. Jalur pendakian pun menjadi licin dan meningkatkan resiko kecelakaan. Ditambah, debit air yang besar membuat tanah menjadi lebih labil dan banyak potensi terjadi longsor. Pemandangan di gunung pun sering terhalang dengan hadirnya kabut. Tak tanggung-tanggung, kabut yang turun pada periode ini bisa membuat jangkauan pandangan hanya mencapai 5 meter.

Namun banyak pengelola gunung yang memanfaatkan periode ini untuk melakukan aksi bersih-bersih gunung. Biasanya aksi bersih-bersih ini dilakukan pengelola bersama dengan warga, orang yang mencari uang dari aktifitas pendakian seperti porter dan guide, dan beberapa kelompok pendaki. Kalau mau mengikuti kegiatan sukarela ini, kamu harus memiliki pengalaman mendaki gunung dan kemampuan yang dibutuhkan untuk bertahan dalam situasi alam yang berbahaya,.

Bulan November sampai Desember pun sebenarnya termasuk waktu yang tidak direkomendasikan untuk mendaki gunung. Meskipun intensitas hujan belum setinggi periode Januari sampai Maret, namun pendakian pada periode ini memiliki potensi kecelakaan yang tinggi. Badai dan kabut tebal sering terjadi di waktu tertentu saat periode peralihan tahun ini. Namun, tidak banyak pengelola gunung yang menutup jalur pendakian pada periode ini sehingga banyak pendaki yang tetap melakukan pendakian. Hal ini karena ada momen menarik seperti Natal dan Tahun baru yang akan terasa mengesankan jika dirayakan di atas gunung.

Waktu terburuk lainnya untuk berlibur ke gunung adalah saat aktivitas vulkanis di gunung tersebut sedang meningkat. Peningkatan aktivitas vulkanis tidak memiliki periode yang pasti. Bisa terjadi di periode musim hujan atau peride musim panas sekalipun.

Related Post
Photo from Pixabay

Waktu Terbaik Untuk Traveling ke Gunung

Waktu terbaik untuk pergi ke gunung adalah pada saat musim panas mulai dari akhir April sampai awal Oktober. Biasanya, waktu paling pendakian paling disukai pendaki adalah pada periode Juli sampai September. Periode ini adalah puncak musim panas. Selain kecil kemungkinan terjadinya hujan, pemandangan alam di periode ini bernar-benar luar biasa. Di siang hari, langit biru akan memayungi setiap kegiatan pendakian. Langit yang cerah ini membuat momen terbit dan terbenamnya matahari menjadi sangat indah karena kilau keemasan dari matahari tak akan terhalang awan mendung. Di malam hari, langit yang cerah membuat gugusan bintang bisa terlihat jelas. Bagi penggemar fotografi astronomi, periode ini menjadi waktu yang tepat untuk memotret keindahan galaksi Bima Sakti.

Di periode ini pun banyak momen yang akan terasa lebih seru jika dirayakan di atas gunung, salah satunya perayaan hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus. Banyak pendaki yang sengaja datang untuk melakukan upacara pengibaran bendera di puncak gunung.

Kekurangan yang dirasakan bila mendaki pada periode ini adalah terlalu banyak orang yang mendaki gunung. Banyaknya orang ini akan sedikit membuatmu kesulitan untuk mendapat spot kemah terbaik. Bahkan di beberapa gunung sering terjadi antrian untuk menginjakan kaki di puncak. Selain itu, udara di siang hari akan terasa lebih panas dan cuaca malam akan terasa lebih dingin dibanding musim hujan.

Sebagai alternatif, cobalah mendaki di periode Mei sampai Juni atau di bulan Oktober. Meskipun hujan sudah mulai turun, namun jumlah orang yang melakukan pendakian di periode ini lebih sedikit. Di bulan Mei sampai Juni, ketersediaan air di gunung cukup banyak dan jalur pendakian serta titik perkemahan pun lebih bersih karena belum banyak pendaki yang datang ke sana. Sedangkan di bulan Oktober, ketersediaan air bersih menjadi lebih sedikit dan gunung terkadang sampah pun mulai berserakan.

Setelah tahu waktu yang tepat untuk berlibur ke gunung, sekarang tinggal buat rencana pendakian bersama teman-temanmu. Bagi pemula, kamu bisa mendaki gunung Prau, Bromo, atau Papandayan. Bagi yang berpengalaman, cobalah pendaki gunung yang lebih tinggi seperti Merbabu, Semeru, Rinjani, Kerinci, atau Cantenz. Jangan lupa untuk segera mencari harga tiket pesawat ke bandara paling dekat dengan gunung yang dituju sejak jauh hari. Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu bisa cari tiket pesawat di Reservasi.com.

Semoga ada manfaatnya 🙂

Recent Posts

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan AirAsia Karena Covid-19

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pembatalan tiket penerbangan yang telah kita beli merupakan hal yang lumrah kita alami. Jika Anda…

2 months ago

Cara Top Up Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank | Juli 2020

Tidak semua marketplace memiliki layanan uang elektronik. Mereka harus menggandeng penyedia uang elektronik pihak ketiga untuk sistem pembayaran digital mereka.…

5 months ago

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Kompensasi Covid-19

Bulan April 2020 ini, pemerintah meluncurkan skema jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam menghadapi dampak ekonomi…

8 months ago

16 Istilah Yang Berhubungan Dengan Virus Corona

Inilah 16 istilah yang berhubungan dengan Virus Corona ( Covid 1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)…

8 months ago

Cara Beli Tiket Pesawat Pakai Aplikasi Tokopedia

Setelah berhasil membeli tiket pesawat menggunakan aplikasi Tokopedia, maka saya buatlah postingan yang berjudul Cara Beli Tiket Pesawat pakai Aplikasi…

8 months ago

Cara Pesan GoCar Bayar Pakai LinkAja

Setelah berhasil menghubungkan LinkAja dengan aplikasi GoJek, kini saatnya mencoba cara pesan GoCar bayar pakai LinkAja. Sebenarnya cara pesan GoCar…

9 months ago