8 Tips Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang mengalami bagaimana bandelnya jerawat yang tumbuh di wajah atau bahkan di punggung. Sebagian orang saat menggunakan obat, jerawat akan menghilang untuk beberapa saat. Namun sebagian yang lain jerawatnya sangat sulit sekali sembuh. Nah, tidak ada salahnya Anda mencoba tips cara mengatasi jerawat yang membandel berikut ini, siapa tahu jerawat Anda yang membandel tersebut bisa sembuh dan menghilang.

Sebelum kita lanjut, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana proses jerawat itu terbentuk.

Salah satu penyebab utama jerawat pada wajah atau punggung adalah karena penumpukan bakteri atau jamur yang disebut dengan kandida pada usus dan saluran pencernaan.

Tips Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

Saat Anda mengosumsi makanan yang tinggi gula, hal itu akan mempercepat pertumbuhan kandida tersebut. Apalagi jika Anda juga kurang dalam mengosumsi makanan yang tinggi serat.

Makanan seperti seperti buah-buahan, sayuran mentah dan sayuran yang direbus, sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik. Dengan adanya bakteri baik, maka bakteri jahat tersebut tidak dapat berkembang biak.

Pemilihan makanan yang salah, akan membuat bakteri jahat ini berkembang lebih cepat, sehingga menimbulkan jerawat pada wajah atau pada punggung Anda.

Baiklah, sekarang kita lanjutkan ke apa saja yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang membandel ini.

Tips Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

1. Hindari Makanan Yang Tinggi Gula

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa makanan yang tinggi gula merupakan makanan yang memicu pertumbuhan kandida. Jadi, gula yang berlebihan akan dijadikan makanan bagi bakteri jahat kandida atau jamur tersebut.

Dengan tersedianya gula yang berlebih ini, maka pertumbuhan dari kandida tadi akan semakin pesat dibandingkan bakteri baik. Selain itu, gula juga dapat merusak tubuh anda.

2. Hindari Makanan Yang Tinggi Gluten.

Mengngonsumsi makanan yang mengandung gluten tinggi, menyebabkan usus dan pencernaan mengalami peradangan atau inflamasi, sehingga bakteri akan tumbuh lebih cepat.

Banyak orang mengalami penyakit kulit yang sulit sembuh seperti jerawat atau eksim. Sebenarnya bukan hanya kulit saja yang bermasalah, namun usus dan saluran pencernaan mereka juga bermasalah. Dengan memperbaiki usus dan saluran pencernaan, maka kulit anda akan sembuh dengan sendirinya.

Contoh makanan yang mengandung gluten tinggi, misalnya sereal, mie, roti, kue dan lain-lain. Jadi pastikan makanan atau kudapan Anda mengandung rendah gluten.

3. Hindari Lemak Yang Terhidrogenasi.

Contoh lemak yang terhidrogenasi adalah seperti minyak goreng yang dipakai berulang kali. Jadi, ketika anda membeli jajanan gorengan di luar, tentu saja minyak untuk menggorengnya dipakai berulang kali. Hal itu bisa dilihat dari warna minyaknya, warnanya sudah kehitaman.

Bagi anda yang memasak sendiri di rumah, bila memungkinkan ada baiknya menggunakan minyak untuk satu kali penggorengan saja.

4. Kosumsi Makanan Yang Tinggi Serat

Mengosumsi makanan yang tigggi serat bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan pencernaan.

Related Post

Selain itu, serat juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh anda. Tetapi ingat, Anda harus berhati-hati dalam memilih minuman yang berserat. Karena sekarang banyak sekali iklan-iklan minuman kemasan yang mengatakan tinggi serat. Padahal sebenarnya minuman-minuman tersebut tinggi kadar gula juga.

Sebaiknya, sebelum mengosumsi, baca dulu di kemasannya agar tahu berapa kadar gulanya.

5. Kosumsi Makanan Yang Mengandung Protein

Hal yang harus ada di dalam menu makanan anda adalah protein. Protein berfungsi untuk bahan baku antibodi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Dengan sistem imun yang baik, tentu saja akan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh Anda dengan sendirinya.

Anda bisa memilih sumber-sumber protein baik dari nabati dan hewani. Seperti, daging, tahu, tempe, dan lainnya.

6. Kosumsi Lemak Yang baik

Contohnya lemak yang baik adalah omega 3, yang bisa diperoleh dari minyak ikan atau minyak kelapa. Omega 3 dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh Anda.

7. Mengkonsumsi Suplemen Yang Mengandung Probiotik

Suplemen yang baik untuk mengatasi jerawat adalah suplemen yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu tubuh Anda untuk melawan bakteri jahat. Bakteri baik atau flora normal ini terdapat pada usus besar dan saluran pencernaan Anda.

Mengapa kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik? Karena 70% sistem imun sebenarnya terdapat pada saluran pencernaan Anda.

Jika anda ingin memiliki sistem imun yang baik, maka anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan atau suplemen yang mengandung probiotik.

8. Mengkonsumsi Suplemen Yang Mengandung Zinc

Zinc dapat membantu memperbaiki lapisan usus atau jaringan epitel usus. Jadi, dengan mengosumsi suplemen yang mengandung zinc, usus jadi baik sehingga sistem imun tubuh Anda akan meningkat.

Itulah tadi 8 tips cara mengatasi jerawat yang membandel. Semoga dengan mengetahui larangan dan anjuran pada tips di atas, Anda bisa terbebas dari jerawat yang membander tersebut.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:

Tips Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Anyang-Anyangan

Recent Posts

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

4 minggu ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

4 minggu ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

1 bulan ago

Pengertian BI Checking, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

BI Checking adalah salah satu istilah yang sering kita dengar ketika kita ingin mengajukan kredit atau pinjaman. Apa saja yang…

1 bulan ago

Mengenal Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Sakit maag adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, apakah kita tahu apa sebenarnya penyebab sakit…

2 bulan ago

Cara Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda harus membatalkan penerbangan Anda karena alasan tertentu? Apakah Anda tahu bahwa Anda…

3 bulan ago