Categories: KesehatanTips

Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan adalah keinginan untuk buang air kecil yang tidak tuntas, terjadi terus menerus yang disertai ketidaknyamanan bahkan rasa nyeri. Gejala sakit buang air kecil ini lebih banyak dirasakan oleh wanita, hal ini disebabkan karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) pada wanita lebih dekat dibandingkan dengan pria, sehingga wanita lebih rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih.

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Jika terjadi infeksi pada saluran kemih biasanya sering mengalami anyang-anyangan. Namun sebaliknya, jika kita mengalami anyang-anyangan belum tentu ada infeksi pada saluran kemih.

Oleh karena itu, jangan anggap sepele anyang-anyangan. Waspadai, jika nyeri saat buang air kecil atau anyangan-anyangan terjadi terlalu sering.

Untuk memastikan apakah kita mengalami infeksi saluran kemih atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan. Selain melihat gejalanya, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan urin untuk mendeteksi adanya bakteri.

Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Anyang-Anyangan

Penyebab Anyang-Anyangan

Beberapa penyebab anyang-anyangan atau penyebab sakit saat buang air kecil, antara lain:

  • Gangguan saraf yang memengaruhi otot sekitar kantong kencing sehingga mengganggu proses buang air kecil
  • Dehidrasi atau kurang minum
  • Infeksi saluran kemih (ISK). Kondisi ini biasanya diiringi gejala seperti rasa sakit saat buang air kecil, bau urine yang terlalu menyengat, rasa tidak nyaman pada perut bawah, demam, dan berdarah saat buang air kecil
  • Sering menahan kencing. Hal ini menjadi penyebab terjadinya batu saluran kemih. Biasanya disertai dengan nyeri hebat menjalar ke pinggang, mual, muntah, dan berdarah saat buang air kecil.
  • Cara membasuh yang salah setelah BAB. Khususnya pada wanita, jika salah cara membasuh setelah BAB, misalnya dari arah belakang ke depan, maka hal ini dapat menyebabkan masuknya bakteri E-Coli ke saluran kemih.

Cara Mencegah Anyang-Anyangan

  • Menjaga kebersihan saluran kemih
  • Untuk wanita, setelah buang air kecil basuhlah dari arah depan ke belakang
  • Rutin mengganti celana dalam
  • Jangan terlalu lama menahan jika ingin buang air kecil
  • Buanglah air kecil ketika bangun tidur untuk membersihkan berbagai bakteri dalam tubuh
  • Rutin minum air putih dan Prive Uri-Cran

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi anyang-anyangan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Banyak Minum Mir Putih

Saat terkena infeksi kandung kemih, sebaiknya banyak minum air putih, karena air akan membantu mengusir bakteri penyebab infeksi melalui air seni.

  • Mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C sangatlah penting sebab vitamin C dapat membuat urin menjadi lebih asam, sehingga pertumbuhan bakteri agak terhambat. 

  • Kompres Panas

Peradangan dan iritasi infeksi saluran kemih dapat menyebabkan rasa panas dan nyeri di sekitar daerah kemaluan. Untuk mengurangi keluhan rasa nyeri, Anda dapat melakukan kompres menggunanakan bantal pemanas atau kompres panas. Atur suhu bantal agar tidak terlalu tinggi dan jangan menerapkannya langsung ke kulit. Lakukan hal ini jangan lebih dari 15 menit.

  • Teruslah Berkemih

Setiap kali Anda berkemih, ada bakteri yang ikut keluar bersama air seni. Jadi, teruslah minum dan berkemih agar semakin banyak bakteri yang keluar.

Related Post
  • Pengobatan Perbal

Salah satu cara mengatasi anyang-anyangan atau mengatasi susah buang air kecil adalah dengan menggunakan ekstrak Cranberry, yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih.

Cranberry

Cranberry adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semak pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

Untunglah di Indonesia ada produk seperti Prive Uri-Cran dengan Ekstrak Cranberry di dalamnya. Sehingga ketika kita mengalami anyang-anyangan tinggal seduh dan meminumnya. Semua manfaat buah Cranberry bisa kita dapatkan secara instan dengan rasa yang enak dan segar. Sangat praktis, bisa di minum kapan dan dimana saja

Itulah tadi cara praktis mencegah dan mengatasi anyang-anyangan. Semoga keluarga kita selalu sehat dan terhindar dari anyang-anyangan.

Sikalan baca juga:

Beberapa Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

Recent Posts

Cara Transfer Saldo DANA ke DANA Tanpa Premium (Terbaru)

DANA adalah salah satu platform pembayaran digital yang populer di Indonesia. Dengan DANA, kita dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer…

2 bulan ago

5 Tempat Wisata yang Mengagumkan di Bali

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi kekayaan budaya yang memikat. Dari pura yang megah…

3 bulan ago

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

3 bulan ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

4 bulan ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

4 bulan ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

5 bulan ago