Internet

Mengenal Fungsi dan Macam-Macam Media Belajar

Media merupakan salah satu perangkat paling penting pada penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Tanpa media belajar, maka pembelajaran tidak akan berjalan sesuai yang diinginkan. Sehubungan dengan itu, pada postingan kali ini, saya akan mencoba menuliskan mengenal fungsi dan macam-macam media belajar tersebut.

Mengingat pentingnya media belajar tersebut, seorang guru, harus mampu membuat dan memanfaatkan berbagai macam media agar materi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa fungsi media dalam suatu pembelajaran adalah untuk menjelaskan atau memvisualisasikan suatu materi yang sulit dipahami jika hanya menggunakan ucapan saja.

Setelah memahami fungsi media belajar, sekarang mari kita uraikan satu-persatu macam-macam media belajar yang dapat dimanfaatkan agar proses pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami.

Ada sangat banyak sekali media belajar yang dapat digunakan untuk penyampaian materi pada proses belajar mengajar. Namun dapat kita kelompokkan menjadi beberapa macam saja. Beberapa diantaranya seperti berikut:

Macam-Macam Media Belajar

1. Media Audio

Audio adalah media paling sederhana yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan atau materi dari pengajar kepada peserta didik. Media audio sangat berkaitan dengan indra pendengaran, sebab media ini hanya dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara verbal saja (lisan atau kata-kata). Contoh dari media audio yang biasa kita jumpai disekitar kita adalah radio.

2. Media Visual

Saat sekolah atau kuliah, tentu kita sering melihat guru atau dosen kita menyampaikan materi menggunakan proyektor. Nah, proyektor adalah salah satu contoh media belajar yang berkaitan dengan penglihatan.

Dengan menggunakan media visual, penyampaian materi menjadi lebih menarik perhatian, lebih jelas dalam menggambarkan fakta sehingga dapat lebih mudah untuk dicerna dan diingat.

Related Post

Media visual dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Yang pertama, media visual diam. Contohnya seperti foto, potongan gambar, ilustrasi, grafik, peta, poster, dan sebagainya. Dan yang kedua, media visual gerak. Contohnya seperti slide pada proyektor.

3. Media Audio Visual

Jenis media belajar yang ketiga yaitu media audio visual. Media pembelajaran ini merupakan media elektronik yang digunakan sebagai bahan ajar yang memanfaatkan sinyal audio dan dikombinasikan dengan gambar bergerak.

Media belajar audio visual dapat memperlihatkan peristiwa nyata, bahkan peristiwa langka, seperti mengetahui benda-benda kecil yang tidak tampak secara kasat mata. Secara umum, peserta didik lebih berminat melihat peristiwa langsung dari tampilan dari pada hanya mendengar peristiwa dari perkataan saja.

Dengan adanya media audio visual, memungkinkan bagi seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Itulah sebabnya, proses pembelajaran tetap bisa dilakukan meski kita harus menjaga jarak dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Meskipun dilakukan secara online, namun tidak mengurangi efektivitas pembelajaran, sebab adanya media audio visual ini. Apalagi jika materi yang disampaikan dikemas secara baik dan menarik. Seperti yang dimiliki oleh berbagai aplikasi bimbingan belajar online. Lebih jelasnya, silakan download aplikasinya di sini.

Media audio visual atau yang lebih kita kenal dengan sebutan video ini, merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi.

Berbagai manfaat media audio visual ini antara lain:

  • Pembelajaran lebih jelas dan menarik
  • Proses belajar lebih interaktif
  • Efisiensi waktu dan tenaga
  • Meningkatkan kualitas hasil belajar
  • Belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja

Itulah tadi beberapa diantara fungsi dan macam media belajar yang bisa saya tuliskan pada postingan kali ini. Semoga dengan engenal fungsi dan macam-macam media belajar bisa menambah wawasan kita.

Recent Posts

Cara Transfer Saldo DANA ke DANA Tanpa Premium (Terbaru)

DANA adalah salah satu platform pembayaran digital yang populer di Indonesia. Dengan DANA, kita dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer…

2 bulan ago

5 Tempat Wisata yang Mengagumkan di Bali

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi kekayaan budaya yang memikat. Dari pura yang megah…

3 bulan ago

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

3 bulan ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

4 bulan ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

4 bulan ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

5 bulan ago