Kesehatan

Tips Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Hampir setiap wanita dewasa di dunia ini pasti pernah mengalami kram atau nyeri yang sangat saat menstruasi, setidaknya beberapa kali dalam hidupnya. Tips ampuh mengatasi nyeri secara alami berikut ini, semoga dapat membatu Anda meredakan atau bahkan menghilangkan nyeri saat Anda mengalami datang bulan.

Sebenarnya, kram disebabkan karena kelebihan prostaglandin, hormon yang dibuat di tubuh Anda yang menyebabkan rahim Anda terjepit atau berkontraksi dan akhirnya melepaskan lapisannya.

Jadi, penyebab kram, sebenarnya hanya karena kontraksi di rahim Anda.

Hal-hal seperti kafein, gula, dan garam, dapat membuat tubuh Anda dehidrasi, dan membuat kram Anda semakin parah. Bahkan dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

Jadi, sebaiknya hindari dahulu minum kopi, camilan manis atau camilan asin, selama Anda menstruasi.

Untuk mengatasi nyeri pada saat haid, ikuti beberapa tips di bawah ini:

Tips Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

1. Hot Water Bottle / Kompres Hangat

Dengan menggunakan hot water bottle dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa nyeri haid yang disebabkan kram di rahim Anda. Sama halnya seperti kram otot di bagian tubuh lainnya.

Hot Water Bottle | credit amazon.com

Jika Anda tidak memiliki hot water bottle, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara memasukkan air hangat ke dalam botol, lalu gulung botol tersebut menggunakan handuk tipis, kemudian letakkan di bagian perut yang terasa nyeri.

Lakukan metode ini setiap kali Anda merasakan nyeri agar rasa sakit bisa reda dan perlahan hilang.

Related Post

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat kram ketika datang bulan. Selain mengatasi nyeri otot, mengonsumsi jahe juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena efek menghangatkan pada minuman ini.

Bubuk Jahe | credit tokopedia.com

Ambil 1/8 sendok teh bubuk jahe, bisa Anda seduh dengan air hangat. Minum tiga kali sehari selama 2 atau 3 hari pertama menstruasi Anda. Bila ingin lebih praktis, Anda juga bisa mengonsumsi kapsul ekstrak jahe untuk meredakan nyeri haid Anda.

3. Minyak wijen

Minyak wijen kaya akan asam linoleat dan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Minyak ini telah digunakan selama berabad-abad secara tradisional.

Minyak Wijen | cerdit shopee.co.id

Gunakan minyak wijen untuk memijat perut bagian bawah setiap kali Anda mengalami kram saat menstruasi untuk mengurangi dan meredakan rasa nyeri pada perut Anda.

Dengan mengikuti 3 tips ampuh mengatasi nyeri haid di atas, semoga dapat meredakan bahkan menghilangkan nyeri yang sangat ketika Anda sedang menstruasi.

Silakan baca juga:

Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

Beberapa Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Anyang-Anyangan

Recent Posts

Cara Transfer Saldo DANA ke DANA Tanpa Premium (Terbaru)

DANA adalah salah satu platform pembayaran digital yang populer di Indonesia. Dengan DANA, kita dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer…

2 minggu ago

5 Tempat Wisata yang Mengagumkan di Bali

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi kekayaan budaya yang memikat. Dari pura yang megah…

1 bulan ago

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 bulan ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

2 bulan ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

2 bulan ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

3 bulan ago