Categories: Technology

Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

Semakin hari semakin populer saja Listrik prabayar di tanah air kita ini. Penggunanya pun semakin banyak. Hal itu disebabkan karena PLN hanya menyediakan sistem listrik prabayar untuk sambungan baru atau pelanggan baru terutama untuk rumah tangga. PLN menyebutnya sebagai listrik pintar, sebab ada banyak sekali keuntungan menggunakan listrik prabayar ini.

Listrik Pintar merupakan layanan listrik prabayar yang memungkinkan pelanggan untuk mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, pada sistem listrik pintar, pelanggan terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token) listrik isi ulang melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan bila kita menggunakan listrik prabayar atau listrik pintar.

Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

Keuntungan Menggunakan Listrik Prabayar

  • Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik

Melalui meter elektronik prabayar, pelanggan dapat memantau pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat. Di meter tersebut tertera angka sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.

  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja

Dengan nilai Pulsa Listrik (voucher) bervariasi mulai Rp 20.000 s.d. Rp 1.000.000 memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan (lebih terkontrol dalam mengatur anggaran belanja keluarga).

  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan

Tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik dikarenakan terbebani biaya keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik.

  • Privasi lebih terjaga

Bagi pelanggan yang menginginkan kenyamanan lebih, Listrik Pintar tidak akan membuat pelanggan menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter , karena meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik pelanggan (akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan meter).

Related Post
  • Jaringan luas pembelian token atau pulsa listrik

Saat ini pembelian token atau pulsa Listrik (voucher) Pintar sudah bisa didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online.

  • Tepat digunakan bagi pelanggan yang memiliki usaha rumah kontrakan

Sebagai pemilik rumah atau kamar sewa, pelanggan tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah kontrakan karena pemakaian listrik sudah menjadi tanggung jawab dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan penyewa.

 

Itulah beberapa keuntungan menggunakan listrik prabayar atau listrik pintar.

Silakan baca juga

Cara Beli Listrik Isi Ulang di ATM

Sumber: pln.co.id

Recent Posts

Cara Mudah Aktivasi Kartu By U Secara Online

By.U adalah provider internet atau layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia yang diluncurkan oleh telkomsel. Agak berbeda dari operator…

1 bulan ago

Cara Membeli Kartu MPWR Secara Online Gratis Ongkir

Akhirnya Indosat pun membuat provider digital dengan nama MPWR (dibaca empower). Tidak tanggung-tanggung promo yang dibuatnya, kartu perdana dengan kuota…

3 bulan ago

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan AirAsia Karena Covid-19

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pembatalan tiket penerbangan yang telah kita beli merupakan hal yang lumrah kita alami. Jika Anda…

5 bulan ago

Cara Top Up Saldo ShopeePay Melalui Transfer Bank | Juli 2020

Tidak semua marketplace memiliki layanan uang elektronik. Mereka harus menggandeng penyedia uang elektronik pihak ketiga untuk sistem pembayaran digital mereka.…

8 bulan ago

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Kompensasi Covid-19

Bulan April 2020 ini, pemerintah meluncurkan skema jaring pengaman sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah dalam menghadapi dampak ekonomi…

11 bulan ago

16 Istilah Yang Berhubungan Dengan Virus Corona

Inilah 16 istilah yang berhubungan dengan Virus Corona ( Covid 1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan)…

12 bulan ago