Uncategories

Pengertian BI Checking, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

BI Checking adalah salah satu istilah yang sering kita dengar ketika kita ingin mengajukan kredit atau pinjaman. Apa saja yang perlu kita tahu tentang BI Checking dan bagaimana cara melakukannya? Pada postingan kali ini, kita akan membahas pengertian BI Checking, fungsi, dan cara mengeceknya secara online.

Baiklah, langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian BI Checking, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

Pengertian BI Checking

BI Checking adalah singkatan dari Bank Indonesia Checking, yaitu layanan informasi untuk mengetahui riwayat kredit atau pinjaman seseorang. BI Checking dulunya dikelola oleh Bank Indonesia (BI), tetapi sejak tahun 2018 beralih ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Meskipun begitu, istilah BI Checking masih sering digunakan oleh masyarakat.

Dengan melakukan BI Checking atau SLIK OJK, kita dapat mengetahui seberapa besar peluang kita untuk mendapatkan persetujuan pengajuan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Hal ini karena BI Checking atau SLIK OJK akan menampilkan skor kredit atau credit score kita, yaitu angka yang menunjukkan tingkat kesehatan keuangan kita berdasarkan riwayat pembayaran kredit atau pinjaman sebelumnya.

Skor kredit kita akan mempengaruhi tingkat bunga, plafon, dan jangka waktu kredit atau pinjaman yang bisa kita dapatkan. Semakin tinggi skor kredit kita, semakin baik pula kemungkinan kita untuk mendapatkan kredit atau pinjaman dengan syarat yang menguntungkan. Sebaliknya, jika skor kredit kita rendah, maka kita akan sulit mendapatkan kredit atau pinjaman, atau harus menerima syarat yang kurang menguntungkan.

Related Post

Fungsi BI Checking

BI Checking atau SLIK OJK memiliki beberapa fungsi, antara lain:

– Membantu kita untuk mengelola keuangan kita dengan lebih baik, karena kita dapat mengetahui riwayat kredit atau pinjaman kita secara lengkap dan akurat.
– Membantu kita untuk menghindari penipuan atau pemalsuan data kredit atau pinjaman, karena kita dapat membandingkan data yang ada di BI Checking atau SLIK OJK dengan data yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya.
– Membantu kita untuk merencanakan pengajuan kredit atau pinjaman dengan lebih matang, karena kita dapat mengetahui seberapa besar peluang kita untuk mendapatkan persetujuan dan syarat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Cara Melakukan BI Checking Secara Online

Untuk melakukan BI Checking atau SLIK OJK secara online, kita dapat mengakses situs iDebku , yaitu situs resmi yang disediakan oleh OJK untuk memberikan layanan informasi debitur kepada masyarakat. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan:

  • Mengisi formulir permohonan informasi debitur dengan melampirkan dokumen pendukung yang diperlukan. Dokumen pendukung yang diperlukan berbeda-beda tergantung jenis debitur, yaitu perorangan atau badan usaha. Dokumen pendukung yang umumnya diperlukan adalah kartu tanda penduduk (KTP), nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan surat kuasa (jika diperlukan).
  • Mendapatkan nomor antrian dan mengecek status permohonan melalui situs iDebku. Proses permohonan biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Jika permohonan disetujui, kita akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi tautan untuk mengunduh laporan informasi debitur.
  • Mengunduh laporan informasi debitur dan mempelajarinya dengan seksama. Laporan informasi debitur akan berisi data pribadi kita, data kredit atau pinjaman kita, skor kredit kita, dan rekomendasi kredit atau pinjaman yang sesuai dengan profil kita.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui tentang BI Checking. Semoga setelah membaca postingan ini kita lebih memahami apa itu BI Checking.

Silakan baca juga:

Apa itu Redenominasi Rupiah

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

4 hari ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

1 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

2 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

1 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

1 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago