Tips

Tips Aman Memilih Pinjaman Dana Tunai Online

Sebagian dari kita tentu senang bila mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, apalagi pencairannya dapat dilakukan secara online. Banyak tempat meminjam dana tunai yang menyebutkan tanpa menggunakan jaminan. Namun kenyataannya, banyak sekali yang menjadi korban karena besarnya bunga yang harus dibayarkan, serta tekanan oleh pihak penagih yang terkadang kurang manusiawi. Nah, postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit tips aman memilih pinjaman dana tunai online.

Tidak dipungkiri bahwa hampir setiap manusia di muka bumi ini pasti membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun sayangnya tidak semua orang selalu memiliki uang lebih dalam hidupnya. Adakalanya terpaksa harus mencari pinjaman untuk modal usaha misalnya.

Tapi sayangnya, kebanyakan tempat meminjam dana tunai secara online biasanya selalu membutuhkan jaminan. Belum lagi syarat-sarat lainnya. Kalaupun ada, apakah tempat pinjaman online tersebut aman?

Akibat banyaknya masyarakat yang belum memahami dengan baik tentang pinjaman online, sehingga tidak sedikit yang tersandung berbagai kasus karena pinjaman online tersebut.

Karena hal-hal seperti itulah maka banyak yang ber-stigma negatif terhadap pinjaman online. Padahal banyak perusahaan pinjaman dana online yang memiliki reputasi baik.

Untuk itu, ikuti beberapa tips berikut ini, agar kita bisa memilih pinjaman online yang aman dan terpercaya, agar tidak tertipu dan merugi.

Tips Aman Memilih Pinjaman Dana Tunai Online

1. Pertimbangkan Kemampuan Membayar

Saat memutuskan untuk melakukan pinjaman online, pikirkan dengan matang kemampuan Anda ketika tiba saatnya untuk membayar. Jangan sampai cicilan yang harus Anda bayarkan mengganggu angaran-anggaran yang lain yang rutin untuk dibayarkan. Sebaiknya, cicilan pinjaman online Anda tidak melebihi 30% dari total pendapatan Anda setiap bulannya.

2. Teliti Kembali Semua Persyaratan

Pastikan Anda telah membaca dengan teliti semua perjanjian, persyaratan, dan informasi yang tertulis dalam berkas perjanjian. Hal ini akan membantu mengurangi terjadinya salah paham antara kedua belah pihak. Apabila terdapat hal yang tidak Anda pahami, pastikan Anda bertanya langsung pada pihak perusahaan yang memberikan pinjaman.

3. Bukan Untuk Hal Konsumtif

Tips ketiga, hindari memakai uang dari pinjaman online untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Karena nantinya justru ini akan membebani keuangan Anda.

Namun jika digunakan sebagai hal-hal produktif yang bisa memberikan keuntungan lebih besar, maka hal itu bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk melakukan pinjaman dana tunai online

Related Post

4. Cek Legalitas Pinjaman Online di OJK

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek legalitas perusahaan pinjaman online yang Anda pilih tersebut. Pilihlah perusahaan penyelenggara Pinjaman online yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK.

Perusahaan yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK, berarti perusahaan penyelenggara sudah patuh dan beroperasi sesuai ketentuan yang berlaku. Sebab, OJK akan mengawasi kegiatan operasional dari perusahaan pinjaman online tersebut.

5. Perhatikan Biaya dan Bunganya

Tips terakhir, perhatikan biaya dan bunganya. Hal ini sangat penting agar saat tiba waktu pembayaran hutang Anda tidak merasa tercekik oleh biaya dan bunga yang harus dibayarkan.

Meskipun perusahaan yang telah terdaftar di OJK tidak akan tidak akan membebani bunga yang sangat tinggi seperti halnya pinjol ilegal, namun tidak ada salahnya Anda ketahui dengan detail dan teliti perihal biaya dan bunga yang harus Anda bayarkan nantinya.

Jika perusahaan pinjaman online tersebut menyediakan fitur simulasi pinjaman, tentu hal tersebuut aka lebih baik lagi. Sehingga Anda akan mengetahui berapa cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Jika sejak awal Anda mengetahuinya dengan transparan, maka di kemudian hari tidak akan ada tindak kejahatan dan penipuan.

Itulah tadi beberapa tips aman memilih pinjaman dana tunai online yang dapat Anda ikuti ketika hendak melakukan pinjaman online.

Silakan baca juga:

Cara Kirim GoPay ke ShopeePay tanpa Upgrade

Recent Posts

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

4 minggu ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

4 minggu ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

1 bulan ago

Pengertian BI Checking, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

BI Checking adalah salah satu istilah yang sering kita dengar ketika kita ingin mengajukan kredit atau pinjaman. Apa saja yang…

1 bulan ago

Mengenal Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Sakit maag adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, apakah kita tahu apa sebenarnya penyebab sakit…

2 bulan ago

Cara Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda harus membatalkan penerbangan Anda karena alasan tertentu? Apakah Anda tahu bahwa Anda…

3 bulan ago