Blogging

Tips Penting Menjaga Keamanan Blog WordPress

Memiliki blog WordPress self-hosted itu sangat menyenangkan karena kita bisa mengatus segalanya sesuai keinginan. Mulai dari memilih nama Domain, kapasitas ruang penyimpanan, memilih hosting yang cepat, memasang tema, plugin, dan fitur tambahan lainnya yang tidak tersedia pada platform WordPress.com. Namun sebagai konsekuensinya, kita juga harus berusaha menjaga keamanan Blog dari tangan usil para hacker. Dan inilah tips penting menjaga keamanan Blog WordPress yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Selain mengisi dengan konten yang berkualitas, menjaga keamanan blog merupakan keharusan untuk menjaga perkembangan dan pertumbuhan blog Anda. Tentu saja masih banyak hal-hal lain yang harus diperhatikan. Namun kedua faktor di atas harus menjadi prioritas utama untuk keberhasilan blog Anda.

Baiklah, mari kita lihat apa saja yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan blog WordPress yang kita miliki.

Tips Penting Menjaga Keamanan Blog WordPress

Tips Penting Menjaga Keamanan Blog WordPress

1. Perbarui WordPress dan Plugin Secara Teratur

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari WordPress dan plugin yang Anda gunakan. Versi terbaru sering kali mencakup perbaikan keamanan penting yang dapat mencegah serangan hacker. Hal ini penting untuk memastikan keamanan blog Anda.

2. Gunakan Plugin Keamanan

Ada banyak plugin keamanan gratis atau berbayar yang tersedia untuk WordPress. Beberapa contohnya adalah Wordfence, Sucuri, dan iThemes Security. Plugin-plugin ini dapat membantu menjaga keamanan blog Anda dengan cara seperti memindai malware, memblokir serangan brute force, dan memantau aktivitas di situs Anda.

3. Gunakan Tema dan Plugin Resmi

Hindari menggunakan tema dan plugin dari sumber yang tidak terpercaya. Theme dan plugin nulled dapat mengandung virus atau kode berbahaya yang dapat mengancam keamanan blog Anda. Lebih baik menggunakan Tema dan Plugin gratis dari pada menggunakan yang Pro tetapi bajakan.

4. Gunakan Password Yang Kuat

Jangan menggunakan password yang mudah ditebak, seperti nama keluarga atau tanggal lahir. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus untuk membuat kata sandi yang kuat.

Related Post

5. Gunakan SSL

Pastikan blog Anda menggunakan SSL (Secure Sockets Layer) yang memastikan bahwa data yang dikirimkan antara server dan pengguna terenkripsi, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

6. Batasi Jumlah Upaya Login

Anda dapat membatasi jumlah upaya login pada blog Anda, sehingga jika seseorang mencoba login dengan password yang salah beberapa kali, akun tersebut akan diblokir untuk sementara waktu. Ini dapat membantu melindungi akun Anda dari serangan brute force. Untuk keperluan ini Anda bisa menggunakan plugin Loginizer.

7. Periksa file sistem

Pastikan Anda memeriksa file sistem Anda secara teratur untuk mengetahui adanya perubahan yang tidak sah. Anda dapat menggunakan plugin seperti Sucuri untuk melakukan pemeriksaan ini.

8. Gunakan Hosting Terpercaya

Pastikan hosting yang Anda gunakan memiliki reputasi yang baik dan memberikan perlindungan keamanan yang memadai untuk blog Anda.

Semua cara di atas dapat membantu menjaga keamanan blog WordPress self-hosted Anda. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati dan waspada dalam mengelola blog Anda.

Silakan baca juga:

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Recent Posts

Cara Transfer Saldo DANA ke DANA Tanpa Premium (Terbaru)

DANA adalah salah satu platform pembayaran digital yang populer di Indonesia. Dengan DANA, kita dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer…

15 jam ago

5 Tempat Wisata yang Mengagumkan di Bali

Bali, pulau dewata yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menjadi rumah bagi kekayaan budaya yang memikat. Dari pura yang megah…

4 minggu ago

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 bulan ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

2 bulan ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

2 bulan ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

3 bulan ago