Blogging

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Di era digital ini, semakin banyak saja penyedia hosting, baik lokal maupun di luar sana. Hal itu sering kali membuat bingung saat harus memilih mana yang terbaik di antara mereka. Masih banyak dari kita yang belum benar-benar paham terkait cara memilih hosting terbaik yang sesuai kebutuhan. Sehubungan dengan hal itu, kali ini saya akan berbagi tentang cara memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan.

Setiap penyedia hosting, memiliki berbagai fitur untuk ditawarkan kepada pelanggannya. Semakin banyak fitur, tentu saja akan membuat harga dari paket hosting tersebut menjadi lebih mahal.

Namun, apakah berbagai fitur yang ditawarkan tersebut benar-benar kita butuhkan?

Cara Memilih Hosting Terbaik

Jawabannya, tentu saja ada pada diri Anda. Website yang ingin Anda buat itu, untuk pribadi atau untuk perusahaan. Jika dibuat untuk perusahaan, seberapa besar perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan, sehingga Anda pun bisa mendapatkan harga yang sesuai pula.

Jadi untuk apa kita membeli dengan harga lebih mahal jika yang kita butuhkan bisa kita dapat dengan harga lebih murah?

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

1. Speed

Perhatikan faktor yang mendukung kecepatan dan performa server. Seperti, bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.

2. Security

Pastikan hosting dapat menjamin keamanan website Anda. Seperti fasilitas untuk mencegah malware dan DDoS, SSL gratis dan lainnya.

3. Layan Support

Pastikan bahwa Anda mudah dalam mendapatkan bantuan ketika membutuhkannya. Dengan fasilitas ini Anda bisa kapan saja menghubungi customer support melalui chat, email atau telepon saat website Anda mengalami masalah.

4. Scalability

Pastikan hosting pilihan Anda memiliki kapabilitas, sehingga di masa depan Anda bisa mengembangkan website Anda dengan mudah.

5. Lokasi Server

Jika target pengunjung website Anda adalah orang Indonesia, sudah seharunya menggunakan provider web hosting yang memiliki data center di Indonesia juga.

Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading. Menggunakan hosting dari perusahaan dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi masalah nantinya.

Terlepas dari itu semua, dari segi keamanan dan teknologi data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri.

6. Tujuan Website

Kabutuhan website yang mayoritas berisi tulisan tentu akan jauh berbeda dibandingkan website video streaming, atau situs wallpaper. Sebagai pemilik website Anda harus tahu tujuan dari pembuatan website tersebut. Apakah kedepannya akan berisi tulisan, foto, atau menampilkan video yang bisa di tonton oleh pengunjung secara langsung.

Related Post

7. Anggaran Website

Banyak orang yang beranggapan bahwa website terbaik itu harus mahal. Asumsi tersebut tidak selamanya benar. Karena saat ini sudah banyak penyedia hosting lokal maupun internasional yang menawarkan paket hosting dengan harga yang relatif murah.

Kendati demikian Anda tetap harus memperhatikan anggaran sebelum memutuskan untuk berlangganan. Jika dana terbatas, pilihlah layanan yang menawarkan kebutuhan dasar saja. Sehingga Anda tidak perlu membayar lebih.

8. Jumlah Domain

Saat memilih paket hosting, perhatikan berapa jumlah maksimal Addon Domain yang diizinkan. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hosting sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi bagi Anda yang sedang mencari hosting terbaik, untuk paket hosting murah, seperti Shared Hosting biasanya Anda hanya diberikan Addon Domain hanya terbatas 2 atau 3 domain saja.

Sementara untuk paket yang lebih tinggi seperti dedicate server atau VPS Anda bisa lebih leluasa dalam menambah domain.

9. Kapasitas Penyimpanan

Besarnya kapasitas penyimpanan dalam web hosting sangat erat hubungannya dengan harga hosting tersebut. Jadi jangan sampai membeli hosting dengan kapasitas melebihi yang kita butuhkan, kecuali memang sudah ditentukan dalam paket hosting tersebut, seperti kapasitas penyimpanan unlimited.

Jika hanya ingin membuat website pribadi, untuk awal mula pilihan hosting dengan kapasitas penyimpanan 1 GB sudahlah cukup. Kelak jika kapasitas sudah tidak mencukupi lagi, Anda bisa melakukan upgrade kapasitas penyimpanan.

Semoga setelah membaca artikel cara memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan di atas, Anda bisa menentukan penyedia dan jenis hosting tepat sesuai kebutuhan website Anda.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:

Persyaratan Web Hosting untuk WordPress

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress

Cara Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 minggu ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

3 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

3 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

2 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

2 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago