Blogging

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Di era digital ini, semakin banyak saja penyedia hosting, baik lokal maupun di luar sana. Hal itu sering kali membuat bingung saat harus memilih mana yang terbaik di antara mereka. Masih banyak dari kita yang belum benar-benar paham terkait cara memilih hosting terbaik yang sesuai kebutuhan. Sehubungan dengan hal itu, kali ini saya akan berbagi tentang cara memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan.

Setiap penyedia hosting, memiliki berbagai fitur untuk ditawarkan kepada pelanggannya. Semakin banyak fitur, tentu saja akan membuat harga dari paket hosting tersebut menjadi lebih mahal.

Namun, apakah berbagai fitur yang ditawarkan tersebut benar-benar kita butuhkan?

Cara Memilih Hosting Terbaik

Jawabannya, tentu saja ada pada diri Anda. Website yang ingin Anda buat itu, untuk pribadi atau untuk perusahaan. Jika dibuat untuk perusahaan, seberapa besar perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan, sehingga Anda pun bisa mendapatkan harga yang sesuai pula.

Jadi untuk apa kita membeli dengan harga lebih mahal jika yang kita butuhkan bisa kita dapat dengan harga lebih murah?

Cara Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

1. Speed

Perhatikan faktor yang mendukung kecepatan dan performa server. Seperti, bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.

2. Security

Pastikan hosting dapat menjamin keamanan website Anda. Seperti fasilitas untuk mencegah malware dan DDoS, SSL gratis dan lainnya.

3. Layan Support

Pastikan bahwa Anda mudah dalam mendapatkan bantuan ketika membutuhkannya. Dengan fasilitas ini Anda bisa kapan saja menghubungi customer support melalui chat, email atau telepon saat website Anda mengalami masalah.

4. Scalability

Pastikan hosting pilihan Anda memiliki kapabilitas, sehingga di masa depan Anda bisa mengembangkan website Anda dengan mudah.

5. Lokasi Server

Jika target pengunjung website Anda adalah orang Indonesia, sudah seharunya menggunakan provider web hosting yang memiliki data center di Indonesia juga.

Selain memangkas routing yang akan berdampak pada kecepatan loading. Menggunakan hosting dari perusahaan dalam negeri juga relatif lebih mudah dalam menjalin komunikasi ketika terjadi masalah nantinya.

Terlepas dari itu semua, dari segi keamanan dan teknologi data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri.

6. Tujuan Website

Kabutuhan website yang mayoritas berisi tulisan tentu akan jauh berbeda dibandingkan website video streaming, atau situs wallpaper. Sebagai pemilik website Anda harus tahu tujuan dari pembuatan website tersebut. Apakah kedepannya akan berisi tulisan, foto, atau menampilkan video yang bisa di tonton oleh pengunjung secara langsung.

Related Post

7. Anggaran Website

Banyak orang yang beranggapan bahwa website terbaik itu harus mahal. Asumsi tersebut tidak selamanya benar. Karena saat ini sudah banyak penyedia hosting lokal maupun internasional yang menawarkan paket hosting dengan harga yang relatif murah.

Kendati demikian Anda tetap harus memperhatikan anggaran sebelum memutuskan untuk berlangganan. Jika dana terbatas, pilihlah layanan yang menawarkan kebutuhan dasar saja. Sehingga Anda tidak perlu membayar lebih.

8. Jumlah Domain

Saat memilih paket hosting, perhatikan berapa jumlah maksimal Addon Domain yang diizinkan. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih hosting sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi bagi Anda yang sedang mencari hosting terbaik, untuk paket hosting murah, seperti Shared Hosting biasanya Anda hanya diberikan Addon Domain hanya terbatas 2 atau 3 domain saja.

Sementara untuk paket yang lebih tinggi seperti dedicate server atau VPS Anda bisa lebih leluasa dalam menambah domain.

9. Kapasitas Penyimpanan

Besarnya kapasitas penyimpanan dalam web hosting sangat erat hubungannya dengan harga hosting tersebut. Jadi jangan sampai membeli hosting dengan kapasitas melebihi yang kita butuhkan, kecuali memang sudah ditentukan dalam paket hosting tersebut, seperti kapasitas penyimpanan unlimited.

Jika hanya ingin membuat website pribadi, untuk awal mula pilihan hosting dengan kapasitas penyimpanan 1 GB sudahlah cukup. Kelak jika kapasitas sudah tidak mencukupi lagi, Anda bisa melakukan upgrade kapasitas penyimpanan.

Semoga setelah membaca artikel cara memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan di atas, Anda bisa menentukan penyedia dan jenis hosting tepat sesuai kebutuhan website Anda.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca:

Persyaratan Web Hosting untuk WordPress

Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress

Cara Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Recent Posts

Tips Aman Memilih Pinjaman Dana Tunai Online

Sebagian dari kita tentu senang bila mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, apalagi pencairannya dapat dilakukan secara online. Banyak tempat…

1 bulan ago

Cara Kirim GoPay ke ShopeePay tanpa Upgrade

Pada postingan yang lalu, saya telah menuliskan tentang cara transfer GoPay ke ShopeePay, namun akun GoPay yang digunakan harus telah…

2 bulan ago

Cara Mudah Transfer GoPay ke ShopeePay

Bersyukur sekali, karena saat ini aplikasi GoJek mengizinkan kita untuk transfer saldo GoPay ke ShopeePay secara langsung. Dengan cara ini,…

3 bulan ago

Salah Satu Kampus Swasta Terbaik di Indonesia, Intip Fasilitas Gunadarma Yuk

Memasuki tahun ajaran baru, banyak calon mahasiswa sudah mulai disibukkan dengan mencari daftar perguruan tinggi atau kampus terbaik untuk melanjutkan…

3 bulan ago

Cara Beli Internet Murah Tri | Tersembunyi

Hampir setiap orang yang membeli sesuatu pasti senang bila mendapatkan harga murah, termasuk saat membeli paket internet untuk kebutuhan sehari-hari.…

3 bulan ago

Cara Mengatasi Anak Diare Dengan Cepat dan Mudah

Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar lebih sering serta bentuk tinja lebih encer dari biasanya. Selama terjadi…

3 bulan ago