Wisata

6 Destinasi Wisata Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan

Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Kabupaten yang terletak di sebelah tenggara provinsi ini memiliki banyak objek wisata yang menarik, mulai dari pantai, gua, sungai, hingga taman nasional. Pangandaran juga dikenal sebagai kawasan strategis pariwisata nasional yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor pariwisata. Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang 6 destinasi wisata Pangandaran yang tak boleh dilewatkan.

Jika Anda ingin berlibur ke Pangandaran, Anda tidak akan kehabisan pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ada banyak pantai yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, ada juga gua-gua alam yang menyimpan pesona dan misteri, ada sungai-sungai yang menawarkan sensasi body rafting yang seru, dan ada taman nasional yang menjadi habitat berbagai flora dan fauna langka.
Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 6 tempat wisata di Pangandaran yang layak dikunjungi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

6 Destinasi Wisata Pangandaran yang Tak Boleh Dilewatkan

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah ikon wisata Pangandaran yang paling terkenal. Pantai ini terletak di Desa Pangandaran dan Penanjung, dan memiliki pasir putih dan hitam yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang memukau, berenang dengan aman karena pantainya landai, dan juga menikmati taman laut yang kaya akan biota laut.

Pantai Pangandaran juga memiliki fasilitas lengkap, seperti hotel, penginapan, restoran, warung makan, kios oleh-oleh, tempat parkir, toilet, mushola, hingga pusat informasi wisata. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving untuk menjelajahi keindahan bawah laut Pangandaran.
Tiket masuk ke Pantai Pangandaran adalah Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 10.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

2. Cukang Taneuh atau Green Canyon

Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu tempat wisata alam di Pangandaran yang menawarkan pemandangan ngarai yang eksotis. Tempat ini terletak di Desa Kertajaya, Cijulang, sekitar 31 km dari Pangandaran. Anda bisa menyewa sampan dengan harga Rp 75.000 untuk maksimal 5 orang untuk menelusuri sungai Cijulang yang membelah ngarai.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan tebing-tebing batu kapur yang ditumbuhi pepohonan hijau, air sungai yang jernih berwarna hijau kebiruan, dan suara alam yang menenangkan. Anda juga bisa berhenti di beberapa titik untuk berenang atau melompat dari tebing ke sungai.

Salah satu daya tarik Cukang Taneuh adalah adanya gua-gua kecil di dalam ngarai yang bisa dieksplorasi dengan berjalan kaki atau berenang. Di dalam gua-gua ini, Anda bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang unik dan indah.

Tiket masuk ke Cukang Taneuh adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

3. Sungai Citumang

Sungai Citumang adalah tempat wisata alam di Pangandaran yang cocok untuk Anda yang suka tantangan dan petualangan. Sungai ini terletak di Desa Bojong, Parigi, sekitar 15 km dari Pangandaran. Di sini, Anda bisa melakukan body rafting, yaitu menyusuri sungai dengan mengandalkan pelampung dan rompi keselamatan.

Sungai Citumang memiliki air yang jernih berwarna hijau toska dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk, serta merasakan sensasi arus sungai yang bervariasi. Ada bagian yang tenang dan ada juga bagian yang deras dan berbatu.

Salah satu daya tarik Sungai Citumang adalah adanya gua-gua kecil di sepanjang sungai yang bisa dieksplorasi dengan berenang atau melompat dari tebing. Di dalam gua-gua ini, Anda bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang unik dan indah.

Tiket masuk ke Sungai Citumang adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya sewa pelampung dan rompi keselamatan sebesar Rp 25.000 per orang.

4. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas adalah tempat wisata pantai di Pangandaran yang memiliki suasana yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat. Pantai ini terletak di Desa Batukaras, sekitar 34 km dari Pangandaran. Pantai ini merupakan paduan pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran.

Pantai Batu Karas memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang biru. Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang cantik, berenang dengan nyaman, atau bersantai di bawah pohon kelapa. Pantai ini juga cocok untuk Anda yang memiliki hobi berselancar karena pantai ini memiliki gelombang yang ideal untuk pemula maupun profesional.

Related Post

Pantai Batu Karas juga memiliki fasilitas lengkap, seperti hotel, penginapan, restoran, warung makan, kios oleh-oleh, tempat parkir, toilet, mushola, hingga pusat informasi wisata. Anda juga bisa menyewa peralatan selancar atau banana boat untuk menambah keseruan bermain di pantai.

Tiket masuk ke Pantai Batu Karas adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal adalah tempat wisata gua alam di Pangandaran yang menyimpan pesona dan misteri. Gua ini terletak di Desa Cigugur Girang, Cimerak, sekitar 20 km dari Pangandaran. Gua ini dinamakan Sumur Mudal karena dulunya di dalam gua ini ada mata air yang bentuknya menyerupai sumur dengan air yang mudal atau mendidih.

Gua Sumur Mudal memiliki panjang sekitar 200 meter dengan lebar rata-rata 10 meter dan tinggi rata-rata 15 meter. Di dalam gua ini, Anda bisa melihat formasi batu kapur yang menakjubkan, seperti stalaktit, stalagmit, kolom, gorden, hingga flowstone.

Gua Sumur Mudal juga memiliki keunikan lainnya, yaitu adanya lukisan-lukisan prasejarah di dinding gua yang diduga berasal dari zaman Megalitikum hingga zaman Hindu-Budha. Lukisan-lukisan ini menggambarkan berbagai motif, seperti manusia, hewan, tumbuhan, geometri, hingga simbol-simbol mistis.

Tiket masuk ke Gua Sumur Mudal adalah Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

6. Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung adalah tempat wisata alam di Pangandaran yang menjadi habitat berbagai flora dan fauna langka. Cagar alam ini terletak di Desa Pananjung, Pangandaran, dan memiliki luas sekitar 530 hektar. Cagar alam ini berbatasan langsung dengan Pantai Pangandaran di sebelah barat dan Pantai Pasir Putih di sebelah timur.

Cagar Alam Pananjung memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, seperti pohon-pohon besar, tanaman obat, anggrek, pakis, hingga lumut. Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis satwa liar, seperti kera ekor panjang, lutung jawa, rusa tutul, landak jawa, biawak air, kadal terbang, burung elang bondol, hingga penyu sisik.

Cagar Alam Pananjung juga memiliki beberapa objek wisata lainnya, seperti goa-goa alam yang menyimpan stalaktit dan stalagmit, air terjun yang menyegarkan mata dan tubuh, serta pantai-pantai yang indah dan bersih.

Tiket masuk ke Cagar Alam Pananjung adalah Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 10.000 per orang untuk anak-anak. Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Itulah tadi, rekomendasi 6 destinasi wisata Pangandaran yang tak boleh dilewatkan. Jika Anda ingin berlibur ke Pangandaran, Anda bisa menggunakan transportasi darat atau udara. Dari Jakarta atau Bandung, Anda bisa naik bus, bisa juga kereta api menuju Banjar atau Sidareja. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkot atau ojek menuju Pangandaran.

Selamat berlibur dan jangan lupa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Silakan baca juga:

Mencoba Roller Coaster Trans Studio Mini Lampung

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

4 hari ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

1 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

2 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

1 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

1 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago