Internet

Cara Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda harus membatalkan penerbangan Anda karena alasan tertentu? Apakah Anda tahu bahwa Anda bisa mengajukan refund tiket pesawat yang sudah dibeli di Traveloka? Refund tiket pesawat adalah proses pengembalian uang atas pembelian tiket pesawat yang dibatalkan oleh pelanggan atau maskapai. Dengan mengetahui cara mengajukan refund tiket pesawat di Traveloka, maka kita bisa mengurangi kerugian akibat pembatalan penerbangan yang akan kita lakukan.

Dalam hal refund tiket pesawat di Traveloka, setiap maskapai penerbangan mempunya ketentuan yang berbeda. Jadi, sebelum melakukan pembelian tiket pesawat, sebaiknya Anda membaca pada bagian Refund Info untuk mengetahui ketentuan dan besaran pengembalian dana apabila terjadi pembatalan.

Dalam contoh pada postingan ini, refund tiket pesawat yang saya ajukan adalah karena kami tertinggal pesawat. Saat itu kami terlambat datang ke bandara, sehingga pesawat yang seharusnya kami tumpangi telah berangkat. Untungnya kami belum sempat check in, sehingga masih bisa mengajukan refund ke pihak Traveloka tempat kami biasa membeli tiket pesawat, tiket kereta api, maupun ketika hendak menginap di hotel.

Jadi, sebelum mengajukan refund tiket pesawat di Traveloka, pastikan bahwa Anda belum melakukan check in, baik secara offline maupun secara online. Sebab jika Anda telah melakukan check in, maka tiket yang Anda beli tersebut tidak bisa lagi diajukan untuk pengembalian dana atau refund.

Cara Mengajukan Refund Tiket Pesawat di Traveloka

Langkah-langkah di bawah ini adalah cara mengajukan refund, karena tertinggal pesawat. Untuk kasus pembatalan, caranya hampir sama.

  • Buka aplikasi Traveloka di smartphone Anda, lalu pilih dan ketuk pada bagian Tiket Pesawat

  • Pilih dan ketuk penerbangan yang ingin di refund. Dalam contoh ini saya hanya memiliki satu pesanan saja. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

  • Setelah detail pesanan terbuka, lalu scroll ke bawah sampai sampai Anda menemukan bagian Refund & Reschedule, kemudian pilih dan ketuk Refund

Related Post
  • Selanjutnya halaman Kebijakan Refund penerbangan akan terbuka, Anda bisa membaca ketentuan dan kebijaksanaan refund dari maskapai yang telah Anda pilih sebelumnya. Setelah selesai membaca seluruhnya, pada bagian paling bawah terdapat tombol Mulai Refund. Ketuk tombol tersebut untuk mulai mengajukan pengembalian dana tiket pesawat Anda.

  • Jika pesanan tiket Anda bisa di refund, maka aplikasi Traveloka akan menampilkan keterangan bahwa tiket pesawat Anda bisa di refund. Penampakannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

  • Langkah berikutnya, Anda akan diminta mengisi data alasan refund, memilih penumpang, dan memilih metode refund. Untuk mulai mengisi data-data tersebut, silakan ketuk tombol Lanjutkan

  • Setelah mengisi alasan refund, memilih penumpang, dan memilih metode refund, Anda diharuskan untuk mengunggah tanda pengenal resmi atau kartu identitas, bisa berupa KTP, SIM, atau Passport.

  • Setelah mengunggah kartu identitas, tunggu beberapa saat hingga muncul detail refund seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Jika semuanya telah sesuai, silakan ketuk tombol Ajukan Refund. Pada detail refund ini, tertulis juga estimasi besaran refund yang akan kita terima. Dari contoh ini, saya mendapatkan refund sebesar Rp 1.257.948. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan karena keterlambatan kami diberi ganti rugi oleh maskapai melalui Traveloka.

  • Bila pengajuan refund disetujui, pada laman Refund akan ada keterangan bahwa Refund telah di ajukan seperti terlihat pada gambar berikut ini:

  • Setelah refund selesai di ajukan, Anda bisa mengecek status secara berkala untuk mengetahui perkembangan refund yang telah Anda ajukan. Dalam contoh pada postingan ini, saya membutuhkan 12 hari hingga dana refund masuk ke rekening saya.
  • Ketika refund telah di transfer, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang telah Anda daftarkan di Traveloka. Dan status refund yang ada di aplikasi Traveloka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa mengajukan pengembalian dana dari Traveloka jika suatu ketika ketinggalan pesawat pada penerbangan yang telah dijadwalkan. Meskipun tidak dikembalikan 100%, namun itu lebih baik dari pada tiket kita hangus begitu saja.

Silakan baca juga:

Tips Menukar Rupiah ke Mata Uang Asing dan Sebaliknya

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

4 hari ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

1 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

2 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

1 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

1 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago