Blogging

Cara Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Jika Directory Browsing atau Directory Listing tidak dinonaktifkan, maka ketika web server tidak menemukan file indeks (index.php atau index.html), maka secara otomatis akan menampilkan halaman indeks yang menunjukkan isi dari direktori tersebut.

Hal itu dapat membuat blog kita rentan terhadap serangan hacker, sebab dengan terlihatnya informasi penting yang dibutuhkan untuk mengeksploitasi kerentanan dalam Theme atau Plugin WordPress blog kita.

Pada postingan kali ini, saya akan menunjukkan cara menonaktifkan directory browsing di WordPress. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Mengapa Perlu Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress?

Directory Browsing dapat digunakan oleh hacker untuk mengetahui apakah kitamemiliki file dengan kerentanan, sehingga mereka dapat mengambil keuntungan dengan mengkakses file-file tersebut.

Directory Browsing juga dapat digunakan oleh orang lain untuk melihat ke dalam file kita, menyalin gambar, mencari tahu struktur direktori dan informasi lainnya. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan agar kita mematikan direktori listing dan direktori browsing pada blog yang kita miliki.

Cara Menonaktifkan Directory Browsing di WordPress

Untuk menonaktifkan Directory Browsing di WordPress, yang perlu kita lakukan adalah menambahkan satu baris kode pada file .htaccess pada blog kita. File ini terletak pada direktori root blog WordPress kita.

Untuk mengedit file .htaccess, kita perlu terhubung ke blog WordPress yang kita miliki menggunakan FTP client. Setelah terhubung, file .htaccess akan kita temukan dalam direktori root. File .htaccess adalah file tersembunyi (hidden), karenanya jika kita tidak dapat menemukannya, maka pastikan bahwa kita telah mengaktifkan FTP client yang kita gunakan agar untuk menampilkan file tersembunyi (hidden).

Related Post

Kita dapat mengedit file .htaccess dengan men-download ke desktop komputer kita dan membukanya dengan menggunakan editor teks seperti Notepad++. Tambahkan kode di bawah ini pada bagian paling bawah file .htaccess.

Options -Indexes

Seperti gambar di bawah ini:

Tambahkan options -Indexes pada .htaccess

Simpan file .htaccess yang telah di edit tadi. Selanjutnya upload kembali ke server blog WordPress kita menggunakan FTP. Hanya itu yang perlu kita lakukan untuk menonaktifkan Directory Browsing.

Sekarang Directory Browsing pada blog wordPress kita telah di nonaktifkan. Jika ada pihak yang tidak berkepentingan ingin mengakses Directory Browsing di blog kita, maka akan di arahkan ke halaman 404.

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosted Untuk Pemula

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

1 minggu ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

2 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

3 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

2 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

2 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago