Kesehatan

Beberapa Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

Sering kali saya menemukan artikel tentang manfaat baking soda untuk kesehatan, baik di blog maupun media sosial. Namun saya belum pernah mencobanya, meskipun baking soda tersebut tersedia. Sampai suatu ketika, saya singgah di blog aninanrang.com dan membaca artikel tentang pengalaman mbak Ani Nanrang mengatasi nyeri haid menggunakan baking soda.

Ketika membaca artikel itu, saya langsung teringat pada istri yang setiap kali kedatangan “tamu bulanan” hampir selalu disertai rasa nyeri. Kadang saking hebatnya rasa nyeri itu ia sampai berguling-guling. Berbagai ramuan, baik yang alami sampai yang kimiawi telah dicoba untuk diminum dalam rangka mengurangi rasa nyeri bulanan tersebut. Namun efeknya sedikit sekali. Karena tetap saja dia merengek dan meminta saya untuk menggantikan rasa nyeri tersebut. Ya tentu saja ndak bisa. Mana bisa rasa sakit ditransfer.

Setelah membaca artikel itu, saya pun langsung mempraktikkannya. Saya ambil 1/2 sendok teh baking soda lalu saya aduk dengan segelas air minum. Air itu kemudian saya sodorkan pada istri untuk diminum. “Terlalu asin,” katanya. “Berapa banyak tadi bapak mencampur baking soda-nya?”. Saya jawab 1/2 sendok teh. Dia bilang lain kali 1/4 sendok teh saja.

Alhamdulillah,  setelah sepekan rutin minum segelas air yang di campur dengan 1/4 sendok teh baking soda setiap hari, pada bulan ini sang istri tidak lagi merasakan nyeri sedikitpun sampai selesai masa haid-nya.

Ternyata, menurut Wikipedia, Baking Soda atau Natrium Bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium Bikarbonat larut dalam air. Dalam bahasa Indonesia senyawa ini disebut soda kue yang digunakan dalam pembuatan roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain hingga membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti mengembang. 

Selain untuk bahan campuran pembuat kue, ternyata ada beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan. Di antaranya, kita bisa memanfaatkannya untuk kesehatan. Seperti yang ditulis oleh Dr. Joseph Mercola di situs www.mercola.com bahwa baking soda mempunyai manfaat antara lain, untuk menyembuhkan sakit flu, demam, asam labung, membersihkan/memutihkan gigi, merendam kaki, mengobati gigitan serangga, dan lain-lain.

Beberapa Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

1. Mengatasi rasa nyeri ketika haid

Campurkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh baking soda dengan segelas air. Diminum rutin, minimal sepekan sebelum haid.

2. Membantu menyembuhkan pilek, demam, dan flu

Cara mudah mengatasi gejala flu, cukup dengan melarutkan baking soda dalam segelas air kemudian diminum. Dosis yang dianjurkan dari Arm & Hammer Company untuk pilek dan influenza adalah:

Hari 1 – Ambil enam dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air, diminum dengan interval sekitar dua jam sekali.

Hari 2 – Ambil empat dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air, diminum dengan interval dua jam sekali

Hari 3 – Ambil dua dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air, diminum pagi dan sore hari. Setelah itu ½ sendok teh dalam segelas air, diminum setiap pagi sampai gejala demam flu hilang.

3. Menurunkan asam lambung pada sakit maag

Baking soda juga ampuh sekali untuk mengurangi atau menurunkan asam lambung yang tinggi. Caranya, campurkan 1/4 sanpai 1 sendok teh baking soda dengan segelas air, lalu di minum.

Related Post

4. Obat kumur alami

Baking soda bisa menjadi obat kumur alami dan mengatasi berbagai masalah mulut seperti sariawan, bau mulu, sakit gigi dan membersihkan mulut dari kuman. Caranya yaitu campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100ml air. Aduk hingga rata kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Pemutih gigi

Cara alami untuk memutihkan gigi, remukkan satu buah stroberi matang dan campurkan dengan 1/2 sendok teh baking soda. Sebarkan campuran ke gigi Anda dan biarkan selama lima menit. Kemudian sikat gigi dan berkumur. Metode ini harus digunakan tidak lebih dari sekali seminggu, karena penggunaan yang berlebihan berpotensi merusak email gigi.

6. Menghilangkan bau badan

Selain dapat menghilangkan bau mulut, baking soda juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Caranya sangat mudah sekali. Gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak anda. Baking soda akan menetralisir keringat dan bau badan yang dikeluarkannya.

7. Sebagai obat gatal karena gigitan serangga

Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga seperti gigitan nyamuk memang sangat menjengkelkan sekali, namun anda bisa menyembuhkan rasa gatal tersebut dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah sekali yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya kemudian anda balurkan pada kulit yang gatal, diamkan selama beberapa menit.

8. Mengatasi sunburn

Sunburn atau rasa sakit akibat terbakar sinar matahari juga dapat disembuhkan dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki efek mendinginkan sehingga cocok sekali untuk mengobati sunburn. Caranya yaitu basahi handuk dengan air dingin yang telah dicampur dengan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang sakit.

9. Menyegarkan kaki yang lelah

Kaki yang lelah akibat aktivitas juga bisa disegarkan kembali menggunakan baking soda. Baking soda akan membuat kaki menjadi rileks dan segar kembali. Rasa pegal dan lelahpun akan hilang dengan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air hangat secukupnya. Kemudian anda rendam kaki anda selama beberapa menit, anda juga bisa merendamnya sambil memijat.

10. Melepas kesusupan benda dari dalam kulit

Tambahkan 1 sendok makan baking soda pada segelas kecil air, lalu rendam daerah yang terkena, lakukan dua kali sehari. Patahan akan keluar sendiri setelah beberapa hari menggunakan perawatan ini.

Itulah beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan yang dapat Anda coba pada kehidupan sehari-hari.

Silakan baca juga:

Cara Praktis Mencegah dan Mengatasi Anyang-Anyangan

Beberapa Mitos Tentang Kesehatan yang Ternyata Tidak Benar

Recent Posts

Mengungkap Misteri Anemia Aplastik

Dunia hiburan Indonesia baru-baru ini kehilangan salah satu bintangnya yang bercahaya, komika Babe Cabita. Dikenal karena kecerdasan dan kehangatan dalam…

2 minggu ago

AI Sebagai Teman Tersembunyi dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital yang serba cepat ini, kita sering kali terpesona dengan kemajuan teknologi yang tampaknya melampaui batas imajinasi kita.…

3 minggu ago

Resep Sederhana Membuat Kolak Ubi Jalar bagi Pemula

Kolak ubi jalar merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat digemari di berbagai daerah. Dengan rasa manis alami dan tekstur…

3 minggu ago

Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G Performa Mumpuni

Di era teknologi yang berkembang pesat, kebutuhan akan smartphone dengan konektivitas 5G menjadi semakin penting. Xiaomi Redmi Note 13 Pro…

2 bulan ago

Pantangan Makanan dan Aktivitas Setelah Operasi Hernia

Hernia adalah kondisi di mana sebagian organ tubuh masuk ke dalam organ lain melalui celah yang lemah. Pengobatan hernia biasanya…

2 bulan ago

5 Tips Sukses dalam Bisnis Properti

Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Namun, tidak semua orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Ada…

2 bulan ago